Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Seberapa Banyak dan Sering Harusnya Bayi Makan

Category: ASI dan MPASI

bayi menyusuBAYI yang diberikan ASI secara esklusif cenderung lebih sering pemberian ASI-nya daripada pemberian susu formula pada bayi yang minum susu formula. Bayi yang baru lahir biasanya setiap 2 sampai 3 jam disusui oleh ibunya. Semakin bertambah usianya, waktu atau jarak antara menyusui akan meningkat karena kapasitas perut mereka menjadi lebih besar. Sebaliknya, bayi baru lahir yang hanya mengenal susu formula akan memulai minum susu formula kira-kira setiap 3 sampai 4 jam selama beberapa minggu pertama kehidupan.

Daripada menggunakan jam sebagai panduan untuk memberi makan bayi Anda, lebih baik perhatikan isyarat bahwa dia sudah kenyang ketika Anda memberinya ASI atau susu formula. Ini lebih penting bahwa Anda memperhatikan petunjuk atau sinyal dari bayi Anda yang menunjukkan dia lapar. Ini disebut isyarat kelaparan. Ketika dia ingin makan, mungkin dia akan meletakkan kedua tangan atau jari pada mulutnya, membuat gerakan mengisap, menjulurkan lidahnya, memukul bibirnya, menendang atau menggeliat, atau mulai menggerakan rahang dan mulut atau kepala untuk mencari payudara Anda. Jika ia mulai menangis, ini biasanya sinyal akhir bahwa dia ingin makan.

Apakah ASI atau susu formula, yang paling dikhawatirkan orang tua adalah apakah bayi mereka cukup mendapatkan makan. Karena bayi mengisap atau menyusu tidak hanya untuk kelaparan, tetapi juga untuk kenyamanan, hal ini pada awalnya akan sulit bagi Anda untuk mengetahuinya. Bahkan ketika bayi tidak lagi menunjukkan isyarat lapar, sebagian orang tua khawatir tentang apakah semua kebutuhan gizi mereka terpenuhi.

Sekali lagi, jangan panik. Bayi Anda akan memberitahu Anda ketika dia sudah cukup atau ingin lebih. Dalam kebanyakan kasus, dia akan mengkonsumsi sekitar 90% dari ASI yang tersedia selama 10 menit pertama makan pada setiap payudara. Kemudian dia akan pindah dari payudara atau hanya tertidur. Di antara banyak keuntungan dari menyusui adalah bahwa ia cenderung makan cued atau on-demand (sesuai kebutuhan), yang berarti bahwa dalam arti tertentu, bayi Anda akan mengambil alih menyusui sendiri. Jika Anda menonton tanggapan bayi Anda, Anda harus dapat mengetahui kapan dia kenyang. Dia mungkin memiringkan kepalanya atau memberikan sinyal lain bahwa dia tidak lagi tertarik untuk menyusu / makan.

Bayi yang diberi susu formula juga akan memberitahu Anda ketika dia sudah merasa kenyang. Anda mungkin melihat dia merasa terganggu ketika disodorkan botol susunya atau dia mungkin mulai gelisah atau mengubah posisi kepalanya. Dia mungkin akan menutup mulutnya erat. Saat bayi Anda bertambah besar dan koordinasi mata, tangan dan kakinya menjadi lebih baik, ia mungkin akan mencoba menjatuhkan botol atau sendok keluar dari pegangan Anda.

Di sisi lain, jika bayi Anda sudah habis satu botol namun kemudian masih memukul bibirnya atau mulai menangis, mungkin dia masih ingin lebih. Rata-rata, pada akhir bulan pertama, dia memerlukan sedikitnya 113,6 gram susu formula per sesi makannya. Pada usia 6 bulan, dia akan memerlukan 170,4 gram sampai 227,2 gram per sesi makannya.

Anda juga dapat mengandalkan popok bayi Anda untuk memberikan petunjuk pada apakah dia mendapatkan cukup makanan. Pada bulan pertama kehidupan bayi Anda, ia harus membasahi popoknya 6 kali atau lebih dalam sehari dan 3 sampai 4 buang air besar setiap harinya. Bayi Anda juga harus tampak puas selama beberapa jam setelah menyusu / makan.

Bagaimana jika bayi Anda selalu tampak lapar padahal Anda sudah merasa cukup memberikan ASI atau susu formula, atau justru dia seperti tidak memiliki nafsu makan yang besar atau menunjukkan isyarat kelaparan? Jika itu yang terjadi, berbicaralah dengan dokter anak Anda. Dokter akan dapat menjawab pertanyaan atau menanggapi kondisi yang terjadi pada bayi Anda, apakah bayi Anda mendapatkan cukup makanan dan gizi serta tumbuh normal. Dalam setiap pemeriksaan, dokter anak akan mencatat kenaikan berat badan bayi dan akan dipantau apakah berat badannya terus meningkat. Pada usia 1 tahun, pada umumnya bayi Anda akan memiliki berat badan sekitar 3 kali berat lahirnya.

Bayi yang diberikan ASI cenderung kelihatan lebih gemuk daripada bayi yang diberikan susu formula pada usia 4 sampai 6 bulan pertama kehidupannya. Kemudian mereka biasanya menjadi lebih ramping daripada bayi yang diberikan susu formula pada usia 9 bulan sampai usia 1 tahun.