Mobile Joomla Templates by Best Web Host

ASI Makanan Pertama Bayi

Category: ASI dan MPASI

AIR susu ibu (ASI) merupakan makanan pertama bayi yang memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak karena terbukti memiliki manfaat sangat besar untuk jangka panjang. Ini dia kelebihan ASI sehingga sangat dianjurkan diberikan kepada bayi sampai usia 2 tahun, dan dianjurkan selama6 bulan pertama usia bayi secara eksklusif:

  • ASI mengandung zat-zat gizi lengkap yang berkualitas tinggi berguna untuk kecerdasan, pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Makanan yang dijamin keamanan dan kebersihannya.
  • Praktis dan mudah dalam pemberiannya dan tidak pernah basi.
  • ASI mengandung zat antibodi yang melindungi tubuh bayi dari alergi dan diare serta penyakit infeksi lainnya.

Oleh karena manfaatnya yang besar bagi keberhasilan tumbuh kembang anak, maka sampai usia 6 bulan dianjurkan bayi untuk diberikan secara eksklusif. Yaitu pemberian ASI saja tanpa tambahan cairan atau makanan lain, sekalipun air putih, teh atau susu formula. Anjuran ini karena bayi belum mampu mencerna makanan selain ASI. Hal ini disebabkan bayi belum bisa memproduksi enzim-enzim pencernaan hingga usia 6 bulan.

Mengapa pemberiaan ASI saja tanpa tambahan makanan lain selama 6 bulan sangat dianjurkan sebagai makanan bayi? ASI memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lengkap dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI mencukupi kebutuhan bayi dan bayi dalam kondisi sehat dapat ditunjukkan dengan kenaikan berat badan bayi usia 6 bulan yang 2 kali berat badan lahir.