Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Selain Nutrisi, Ternyata ASI Juga Mengandung Bakteri Baik

Category: ASI dan MPASI

SEBAGAI sumber gizi utama di kala buah hati belum dapat mencerna makanan padat, ASI yang diproduksi langsung oleh tubuh bunda setelah proses melahirkan dengan bantuan hormon prolactin dan oxytocin ini, ternyata mengandung nutrisi lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan buah hati. Adapun nutrisi yang dimaksud yaitu nutrisi makro seperti protein, lemak dan karbohidrat, serta nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral.

Nutrisi lainnya seperti DHA,AA, asam lemak Omega 3 dan Omega 6 merupakan kandungan ASI yangmembantu proses pembentukan sel otak, memelihara jaringan otak, dankemampuan penglihatan.

Disamping manfaat ragam nutrisi yangdimiliki, ASI diminati karena praktis dan mudah diberikan pada sikecil, bahkan proses menyusui seringkali dijadikan momen untukmeningkatkan kedekatan hubungan emosi antara ibu dan buah hati.

Selainbeberapa alasan yang telah disampaikan sebelumnya, berdasarkan hasilsejumlah penelitian terhadap komposisi ASI, ditemukan bahwa di dalamASI terdapat bakteri, terutama dari kelompok Bifidobakteria danLaktobasili yang merupakan kelompok bakteri yang menguntungkan.

Kandunganbakteri-bakteri menguntungkan, atau juga dikenal dengan sebutanProbiotik tersebut, bila dikonsumsi akan berkembangbiak dalam usus danmemberi dampak positif bagi kesehatan bayi. Manfaatnya yaitu membantusi kecil membentuk flora dalam pencernaan sehingga dapat mengatasiberbagai bakteri merugikan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaandan merangsang serta menjaga daya tahan tubuh.

Untuk dapatmemberikan manfaatnya secara optimal, mikroorganisme probiotik harusmampu bertahan dalam kondisi ekstrim saluran pencernaan (pH rendah,asam empedu dan enzim-enzim pencernaan), menempel pada sel epitelsehingga dapat mengkolonisasi saluran pencernaan, dan menekanpertumbuhan bakteri patogen.

Penelitian membuktikan bahwaProbiotik dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan diare akutyang disebabkan infeksi usus. Riset lain juga telah membuktikanprobiotik bermanfaat untuk mencegah alergi kulit (dermatitis atopik)dan tidak tahan gula susu atau intoleransi laktosa.