Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Bagaimana Merawat Payudara

Category: ASI dan MPASI

PRODUKSI ASI biasanya baru dimulai hari ke-2 hingga hari ke-5 setelah Anda melahirkan. Sebelum ASI keluar biasanya payudara akan terus mengeluarkan cairan kuning yang biasa disebut kolostrum yang sangat bermanfaat bagi bayi Anda untuk membentuk sistem kekebalan tubuhnya.

Puting susu harus selalu dijaga kebersihan serta kekeringannya. Untuk menjaga agar puting dalam keadaan kering, usahakan agar selalu terkena udara setiap selesai menyusui. Cara lain agar puting terjaga kesehatannya adalah dengan rajin-rajin membasahinya dengan ASI setiap sebelum dan sesudah menyusui.

Langkah-langkah Membersihkan Puting Susu

  1. Siapkan handuk, baby oil  dan kapas.
  2. Letakkan handuk di bawah payudara.
  3. Basahi kapas dengan baby oil.
  4. Kompres kedua puting susu dengan kapas tersebut selama lebih kurang 5 menit.
  5. Gosok-gosokkan kapas di sekitar puting susu atau bagian aerola yang bewarna kecoklatan untuk mengangkat kotoran.
  6. Lumuri kedua tangan dengan baby oil.
  7. Untuk jenis puting susu yang normal (menonjol ke luar), gunakan ibu jari dan telunjuk yang sudah diolesi minyak, untuk membersihkannya dengan melakukan gerakan memutar ke arah dalam sebanyak 25 kali. Ini bisa membantu meningkatkan elastisitas otot puting susu.
  8. Untuk jenis puting susu yang datar atau masuk ke dalam, letakkan kedua telunjuk masing-masing di sebelah kiri dan kanan puting susu, lalu tekanlah perlahan-lahan, serta hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi puting susu. Setelah itu, letakkan lagi kedua telunjuk masing-masing di atas dan di bawah puting susu. Tekan lagi perlahan lalu hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi puting susu.
Langkah-langkah Pemijatan Payudara
  1. Tuangkan baby oil atau minyak zaitun ke telapak tangan.
  2. Letakkan kedua telapak tangan di antara kedua belah payudara kemudian pijatlah mulai dari atas, ke samping luar, k bawah, lalu menuju puting susu, sambil mengangkat payudara perlahan dan melepaskannya perlahan pula. Lakukan sebanyak 25 kali.
  3. Topang payudara sebelah kiri dengan telapak tangan kiri sedangkan tangan kanan dengan sisi kelingking mengurut payudara mulai dari pangkal dada ke arah puting susu. Lakukan hal yang sama dengan payudara sebelah kanan, masing-masing 25 kali.
  4. Topang payudara kiri dengan tangan kiri. Gunakan 3 jari tangan kanan untuk membuat gerakan memutar sambil menekan, mulai dari pangkal dada dan berakhir pada puting susu. Lakukan hal yang sama dengan payudara sebelah kanan, masing-masing 2 kali.
Pengompresan dan Perawatan Payudara
  1. Kompreslah kedua belah payudara dengan kain waslap hangat selama lebih kurang 3 menit, kemudian teruskan dengan kain waslap dingin lebih kurang 3 menit juga.
  2. Gunakan waslap yang terakhir untuk membersihkan payudara dari minyak zaitun atau baby oil bekas pemijatan.
Lakukan ketiga hal di atas setidaknya 1 kali setiap hari untuk menjaga dan merawat payudara agar bisa memberikan ASI yang optimal kepada buah hati Anda.