Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Penyakit Cacingan Pada Anak

Penyakit CacinganCACINGAN pada anak-anak sudah sangat umum dan diketahui oleh masyarakat kita. Kadang kala kondisi anak dengan perut bunci sering dikatakan menderita cacingan atau identik dengan cacingan. Namun, sayangnya kondisi ini kadang membuat sebagian orang tua langsung memberikan obat cacing tanpa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu. Bahkan kita sering mendengar anjuran agar anak mengkonsumsi obat cacing setiap enam bulan sekali meskipun tidak sedang cacingan. Benarkah setiap anak dengan perut buncit cacingan? Lalu bagaimana mengenali gejala cacingan yang sebenarnya?

Read more: Penyakit Cacingan Pada Anak

Mengenal Vaksin Kombinasi

vaksin kombinasiLAZIMNYA seorang anak akan mendapatkan imunisasi sebanyak 13 kali dengan jadwal terpisah, sebelum usianya menginjak 5 tahun. Tapi belakangan ada alternatif pemberian beberapa jenis vaksin digabung jadi satu suntikan. Imunisasi alternatif ini dikenal dengan vaksin kombinasi atau vaksin kombo, yaitu gabungan beberapa jenis virus atau bakteri menjadi satu jenis produk antigen untuk mencegah penyakit yang berbeda. Praktisnya, pemberian vaksin ini cukup dilakukan dalam satu suntikan saja. Vaksin ini telah mendapat persetujuan dari pemerintah masing-masing negara. Di Indonesia, vaksin ini harus mendapat ijin dari Direktorat Jendral Pengawasan Obat dan Makanan, Departemen Kesehatan.

Read more: Mengenal Vaksin Kombinasi

Mengenal Vaksin Yang Diperlukan Anak

vaksinasi dan imunisasiVAKSINASI adalah aktifitas yang tidak asing lagi pada kalangan ibu-ibu yang memiliki bayi atau balita. Kegiatan ini sesungguhnya adalah memberikan suatu zat tertentu pada tubuh si anak baik secara oral atau pun injeksi. Tujuan dari vaksinasi adalah pembentukan kekebalan tubuh si anak bayi/balita sesuai dengan vaksin yang disuplai. Vaksin adalah sebuah senyawa antigen yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus. Terbuat dari virus yang telah dimatikan atau "dilemahkan" dengan menggunakan bahan-bahan tambahan lainnya seperti formalaldehid, thymerosal dan lainnya. Sedangkan vaksinasi adalah suatu usaha memberikan vaksin tertentu kedalam tubuh untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit /virus tersebut.

Read more: Mengenal Vaksin Yang Diperlukan Anak

Penyebab dan Penanganan Diare Pada Bayi

DIARE merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh bayi dan balita terutama usia 12 hingga 24 bulan. Jika bayi atau anak bunda tiba-tiba mengalami perubahan dalam buang air besar dari biasanya, baik frekuensi/jumlah buang air yang menjadi sering dan keluar dalam konsistensi cair daripada padat, maka si kecil kemungkinan besar positif terkena diare.

Penyakit diare tidak bisa dianggap sepele, karena jika berlangsung terus menerus dapat menyebabkan dehidrasi dan berbahaya bagi organ-organ tubuh. Sebagai upaya untuk mencegahnya maka ibu sekalian perlu memahami dengan baik apa itu diare dan apa yang menjadi penyebab bayi dan balita mengalami diare.

Read more: Penyebab dan Penanganan Diare Pada Bayi