Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Mencegah Penyakit Di Musim Hujan

MUSIM hujan kali ini sepertinya sudah pada puncaknya, hampir setiap hari turun hujan dengan intensitas yang cukup lebat. Bahkan, kita saksikan berita-berita di TV di beberapa daerah sudah mengalami banjir yang cukup parah. Dengan kondisi seperti ini sudah dipastikan akan banyak timbul penyakit seperti flu, demam berdarah dan diare. Untuk penyakit-penyakit ini kita tidak boleh menganggapnya remeh karena akibat yang ditimbulkan bisa fatal juga. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah kita dan si kecil terserang penyakit tersebut.

Mencegah Flu

Cuci Tangan : Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun , bila perlu membilasnya dengan air hangat.

Jangan Menyentuh Muka : Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka.

Konsumsi Makanan Mengandung Phytochemical: Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

Minum Banyak Air : Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.

Mencegah Demam Berdarah

Rajin-rajinlah membersihkan saluran air yang ada di sekitar rumah/lingkungan Anda, bak-bak air tadah hujan dan menyiangi kebun untuk mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk penyebar demam berdarah.

Sebelum tidur, usahakan menggunakan krim anti nyamuk yang saat ini banyak tersedia dalam bentuk krim maupun cairan semprot (spray).

Mencegah Diare

Saat hujan turun deras setiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap, dan membawa parasit cacing serta amoeba turut terangkat ke permukaan tanah. Untuk mencegah diare biasakan untuk menjaga kebersihan, biasakan cuci tangan dan kaki setelah berpergian.

Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk lewat kulit.

Hindari membeli makanan di sembarang tempat.