Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kerugian Akibat Demam

DEHIDRASI

Tanda-tandanya: ubun-ubun menjadi cekung, kencingnya sedikit dan apabila punggung tangannya dicubit, kulitnya lambat kembali.

Yang harus dilakukan: berikan minum yang banyak, jus buah, es batu atau es krim. Apabila anak muntah atau diare, berikan oralit, pedialite atau kalau sudah di atas usia 1 tahun tetapi tidak menyukai pedialit atau oralit, dapat diberikan minuman yang mengandung elektrolit.

KEJANG DEMAM (Febrile convulsion)

Jarang terjadi, terutama pada anak usia antara 6 bulan - 3 tahun.

Tanda-tandanya: hilang kesadaran, kedua tangan kakinya bergerak dalam waktu yang sebentar (istilahnya kejang yang menyeluruh atau generalized, tidak hanya satusisi saja atau tangan saja atau kaki saja), biasanya berlangsungbeberapa detik dan tidak lebih dari 5 menit.

Berbeda dengan kejang yang disebabkan epilepsi yangtanda-tandanya: kejangnya lama, tidak harus seluruh anggota tubuh yangmengalami kejang dan setelah kejang tidak sadar atau karena radang otakakibat herpes simplex yang tanda-tandanya: hanya sebelah tanganĀ  dankakinya yang bergerak dan terjadi dalam waktu lama, lebih dari 10 menitdan setelah kejang pasien tidak sadar.

Walau nampak menakutkan, kejang demam umumnya tidak berbahaya, namun begitu anak mengalami kejang, sebaiknya dibawa ke dokter. Ada obat yang dapat mengurangi kejangnya, seperti diazepam atau valium yangberguna untuk merelaksasi otot. Tapi harus diberikan ketika terjadi kejang, tidak berguna apabila diberikan sebelum atau sesudah kejang.