Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Bentuk Tubuh Kembali Pasca Persalinan

Category: Kehamilan

membentuk tubuh pasca melahirkan

SAAT mengandung bayi Anda dahulu, berat badan Anda pasti meningkat drastis dan tidak mempedulikan bentuk tubuh yang menjadi tidak menarik lagi. Namun setelah sang bayi lahir, tentunya Anda menginginkan kembali bentuk tubuh seperti semula, terutama bagi Anda yang memiliki profesi berhubungan dengan penampilan seperti foto model, Public Relations, maupun profesi-profesi lainnya yang berhubungan langsung dengan publik.

Bagi Anda yang menginginkan tubuh kembali seperti keadaan sebelum mengandung, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba :

Lakukan perawatan tubuh

Perawatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik tradisional maupun modern. Namun, bagi Anda yang baru saja melahirkan sebaiknya melakukan perawatan tubuh secara tradisional. Dengan menggunakan perawatan tradisional tentu tidak jauh memakai resep dari warisan nenek moyang yang menggunakan rempah-rempah. Dengan perawatan yang tepat tentu saja terbukti sejak dahulu dapat mengembalikan bentuk badan dan elastisitas kulit, serta membuat kulit menjadi kembali berseri dan tampak segar.

Memijat tubuh

Dalam memijat tubuh dengan benar maka dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, selain juga dapat membantu mengurangi selulit serta memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka energi tubuh akan meninkat dan mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh.

Mengencangkan kulit perut

Wanita yang baru saja melahirkan, perawatan kulit terutama bagian perut merupakan hal yang penting karena biasanya perut akan menjadi kendur dan sulit untuk kembali ke bentuk semula. Untuk pengobatan tradisional, Anda bisa menggunakan tapel yaitu obat yang mengandung jahe, klabet, sirih, minyak kayu putih dan jeruk nipis, kemudian oleskan di bagian perut. Penggunaan tapel dilakukan selama 40 hari, dimulai setelah selesai proses persalinan.

Merawat kaki

Saat mengandung, kaki seorang wanita mendapatkan beban yang sangat berat dibandingkan biasanya dan membuat otot menjadi lebih tegang. Untuk itu, anda dianjurkan untuk menggosokkan parem yang mengandung kencur, klabet, sirih dan jahe sambil memijat kaki anda. Pemijatan ini difokuskan pada telapak kaki sampai betis, yang berguna untuk melemaskan otot yang tegang, mencegah varises, menghilangkan rasa letih dan memperlancar peredaran darah. Pemijatan ini sebaiknya dilakukan selama 40 hari setelah persalinan sebanyak 2 kali dalam satu hari.

Konsumsi jamu tradisional

Seorang wanita yang baru melakukan proses persalinan disarankan untuk meminum jamu khusus untuk melahirkan. Jamu tersebut nantinya dikonsumsi selama 40 hari setelah persalinan, namun biasanya berbeda-beda tiap minggunya. Fungsi jamu ini adalah untuk mempercepat penyembuhkan luka-luka pasca-persalinan serta mengembalikan kecantikan Anda.

Mengontrol makanan

Jika Anda telah kembali memulai aktivitas pekerjaan seperti biasa, usahakan jangan terlalu sering makan di luar. Sebaiknya bawa bekal sendiri dari rumah agar makanan yang masuk dalam tubuh Anda dapat terkontrol, serta bawalah makanan yang bergizi agar kulit Anda terlihat bersih dan sehat. Selain itu, ganti camilan Anda dengan buah-buahan dan sering-seringlah mengkonsumsi sayuran.

Banyak minum air putih

Dengan banyak meminum air putih, racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh Anda akan terbuang keluar bersama urin. Air putih juga tidak akan membuat Anda menjadi gemuk, namun dapat menjadikan kulit Anda terlihat segar dan bercahaya.

Rajin olah raga

Meskipun baru melakukan proses persalinan, namun olahraga tetap penting terutama bagi wanita yang ingin mengembalikan bentuk tubuhnya. Sebagai permulaan, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti senam, yoga maupun berjalan kaki. Untuk yang terakhir ini, Anda dapat melakukannya pada pagi hari sambil membawa bayi Anda berjalan-jalan di lingkungan rumah. Dengan berolahraga, badan akan menjadi sehat dan terasa lebih segar, serta akan mengencangkan seluruh otot tubuh.

Semua cara di atas hanyalah beberapa cara untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan. Selain itu masih banyak cara lain yang mungkin lebih cocok untuk Anda lakukan. Namun ada baiknya konsultasikan dulu apapun cara yang dilakukan dengan dokter yang menangani Anda. Dari cara-cara di atas, mungkin ada beberapa yang kurang cocok dengan kondisi Anda terutama jika melahirkan dengan cara caesar. Dan bila Anda ingin segera mengembalikan bentuk tubuh ke bentuk semula, sebaiknya melakukan senam dan mengatur pola makan yang seimbang. Selamat mencoba.

Sumber: www.melindahospital.com