Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Beberapa Hal Yang Dapat Mengurangi Stres Selama Kehamilan

Category: Kehamilan

STRES juga dapat dialami oleh ibu hamil dalam masa kehamilannya. Semakin membesarnya tubuh terutama bagian perut, sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan di waktu tidur. Konsultasikanlah sesering mungkin dengan dokter kandungan, walalupun Anda merasa dalam kondisi yang sehat.

Tingkat stres Anda akan semakin tinggi selama masa kehamilan, Anda akan mengalami berbagai macam masalah seperti pindah rumah, permasalahan dalam keluarga, atau mungkin kematian salah satu anggota keluarga Anda. Kehamilan seharusnya waktu di mana merawat diri Anda sebaik mungkin dan membiarkan orang lain memanjakan Anda. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat stres yang dialami ibu hamil, dan berikut di antaranya :

Tetap bersosialisasi

Masa kehamilan jangan membuat Anda menjadi seorang penyendiri. Temuilah ibu-ibu hamil lainnya dan saling berbagi pengalaman selama kehamilan. Dengan begitu Anda mungkin akan mendapatkan masukan untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Dan jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan teman-teman Anda karena mereka dapat membantu dan menyemangati Anda.

Berolahraga

Berolahraga selama kehamilan dapat membantu Anda mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati dan tubuh, juga memudahkan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Namun, Anda harus ingat jangan berolahraga berlebihan. Olahragalah sesuai dengan kondisi sekarang dan ada baiknya menanyakan pada dokter, jenis olahraga apa yang baik untuk Anda.

Membaca

Kegiatan membaca bagi beberapa wanita dapat dijadikan hiburan di masa kehamilannya. Bukan itu saja, dengan membaca buku-buku mengenai kehamilan, persalinan dan perawatan bayi dapat menambah informasi sekaligus mencari cara untuk mengatasi stres yang sedang dialami. Jika membaca buku kehamilan dan buku lainnya yang berhubungan dengan kehamilan tidak membantu Anda, cobalah untuk membaca novel atau cerita nonfiksi.

Mempersiapkan kedatangan sang bayi

Membeli peralatan yang dibutuhkan calon bayi Anda dan mempersiapkan segala sesuatu untuk sang bayi akan meningkatkan perasaan bahagia Anda. Dengan meningkatnya perasaan bahagia, maka akan mengurangi tingkat stres dan memberi kesibukan bagi Anda, terutama setelah usia kehamilan Anda menginjak trimester ketiga.

Mencari bantuan

Jika stres yang Anda alami semakin parah, tidak ada salahnya untuk mencari ahli terapi, atau kelompok pendukung lainnya.

(Sumber: MelindaHospital.COM)