Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Sakit Pada Masa Kehamilan

Category: Kehamilan

SEBAGIAN besar wanita hamil mengalami flu sedikitnya satu kali dalam sembilan bulan kehamilannya,dan walaupun penyakit ini sangat tidak menyenangkan, namun penyakit ringan ini tidak akan mempengaruhi kehamilan anda. Tetapi, obat yang biasanya anda makan jika terserang penyakit ini seperti tablet-tablet flu dan antihistamin, dapatĀ  mempengaruhi kehamilan anda. Jadi, jangan sembarangan memakan obat-obat ini, termasuk aspirin dan vitamin C dosis tinggi tanpa persetujuan dokter kandungan anda. Konsultasikan dahulu dengan dokter anda obat apa saja yang dapat anda konsumsi tanpa harus mengganggu kehamilan anda.

Bila anda telah memakan beberapa obat flu, jangan panik. Kecil kemungkinan bahwa anda telah membahayakan janin anda. Pergilah ke dokter kalau anda memang khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang aman untuk mengobati flu:

  • Cepat obati flu sebelum flu anda menjadi berat atau menimbulkan infeksi sekunder,seperti:bronchitis. Sejak anda mulai merasakan gejala flu, pergilah tidur atau ambil istirahat ekstra.
  • Ketika berbaring ambil posisi kepala lebih dinaikkan untuk mempermudah pernafasan.
  • Jangan lupa makan.makan jeruk atau minum airnya setiap hari, tetapi jangan makan tambahan vitamin C lebih dari formula kehamilan tanpa anjuran dari dokter anda.
  • Banyaklah minum.demam, bersin, keluarnya cairan dari hidung akan menyebabkan tubuh kehilangan air,yang sebenarnya sangat anda dan janin butuhkan. Siapkan termos air hangat yang isinya air jeruk disamping tempat tidur anda. Juga coba makan sup ayam karena itu bisa membuat pasien lebih enak dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Bila tenggorok terasa nyeri atau gatal, atau bila anda batuk, kumur-kumurlah dengan menengadahkan kepala dengan aair garam hangat campuran 1 sendok the garam dengan air 250 ml.
  • Turunkan panas secara alami dengan cara berendam mandi dengan air dingin, minum-minuman dingin, dan gunakan baju tidur yang tipis. Bila suhu anda telah melebihi 38,9 C atau lebih, segera hubungi dokter.
Akan tetapi, seringkali flu berlangsung lebih lama pada kehamilan, mungkin karena system daya tahan tubuh berjalan sedikit lamban untuk melindungi janin karena dianggap benda asing dari reaksi penolakan immunologis. Bila flu dan batuk anda semakin parah, sehingga mengganggu makan dan tidur anda, dahak batuk anda berwarna kehijau-hijauan atau kekuningan dan berlangsung lebih dari satu minggu, maka hubungi dokter.dan ia mungkin akan memberikan resep yang ampuh tapi aman atau bila terdapat infeksi bakteri, mungkin akan dilakukan tes pada dahak atau diberikan antibiotik.