Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Perkiraan Tanggal Persalinan

Category: Kehamilan

MENANTIKAN kelahiran bayi menyenangkan sekaligus menegangkan. Dengan mengetahui hari kelahiran si kecil mungkin akan mengurangi ketegangan Anda. Sayangnya, perhitungan ini tidaklah selalu tepat, bisa maju bisa pula mundur. Tetapi tidak ada salahnya Anda menebak-nebak kelahiran si kecil.

Rumus Negel

Berdasarkan rumus ini usia kehamilan rata-rata berlangsung selama 40 minggu dan siklus haid 28 hari. Cara menghitungnya: Tentukan hari pertama menstruasi terakhir. Angka ini dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir (LMP = Last Menstrual Periode). Lalu, tambahkan dengan tujuh hari. Dari tanggal tersebut, hitung mundur 3 bulan. Terakhir, tambahkan satu tahun. Misalnya, LMP = 1-9-2005, maka kelahirannya diperkirakan tanggal 8-6-2006.

Menurut Dr. Antony Atmadja, Sp.OG, MCE, spesialis obstetri dan ginekolog RS Mitra Keluarga Bekasi, usia kehamilan berdasar rumus Negel berbeda dengan usia janin. Sebab, kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Padahal, pembuahan baru terjadi 2 minggu setelah menstruasi. Selain itu, rumus ini hanya berlaku pada wanita yang siklus haidnya teratur.

(Sumber: BabyGuide)