Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Alas Kaki Selama Kehamilan

Category: Kehamilan

WANITA hamil terkadang memang harus lebih bijak dalam menentukan segala hal yang berkaitan dengan kondisinya, tak hanya bagi kenyamanan si ibu begitu pula dengan segi keamanan sang janin. Berikut beberapa tips jitu memilih alas kaki yang aman dan nyaman:

Hindari Tumit Tinggi

Alas kaki dengan tumit tinggi hanya akan membuat tubuh Anda semakin condong kedepan, akibatnya Anda akan merasa tidak stabil atau mudah kehilangan keseimbangan. Selain itu punggung bagian bawah jadi terasa sakit dan kaki akan cepat merasa lelah. Jadi lebih baik pilih alas kaki yang bertumit rendah atau maksimal tingginya 2 cm.

Model Sederhana

Hindari alas kaki yang bertali, baik yang di bagian atas, belakang atau samping karena akan kesulitan pada saat mengikatnya. Hindari juga model yang runcing karena jari-jari akan terhimpit. Sol sepatu yang baik adalah yang lebar dan tidak licin. Lebih baik lagi bila sol tersebut bergerigi halus untuk menjaga agar anda tidak terpeleset.

Ukuran Pas

Selain ukurannya pas (tidak terlalu longgar atau sempit) usahakan agar ada rongga untuk jari-jari kaki Anda. Hal ini terutama perlu Anda perhatikan saat akan membeli sepatu tertutup. Sebaiknya, beli sepatu pada siang hari atau menjelang malam. Karena setelah beraktifitas seharian kaki cenderung lelah dan membengkak hingga ukuran paling besar. Pada akhir kehamilan telapak kaki dan pergelangan kaki biasanya akan membengkak. Jadi tak ada salahnya anda beli sepatu dan sandal yang ukurannya lebih besar.

Terbuat Dari Bahan Alami

Bahan alami seperti kulit atau kanvas umumnya lebih memungkinkan kaki bernapas. Jika anda pingin bahan lain pilihlah yang lembut dan lentur sehingga bentuk sepatu dapat mengikuti bentuk kaki.

Di bawah ini beberapa kiat memilih sepatu supaya ibu-ibu hamil juga bisa tetap cantik pada masa kehamilan:

  • Sepatu tertutup berdesain klasik, cocok untuk ke kantor atau berbagai kesempatan resmi.
  • Sepatu suede kasual, pas untuk acara-acara yang lebih santai.
  • Sepatu sandal atau selop bertumit rendah, yang memeluk kaki dan feminin (misalnya ada hiasan pita atau bunga) membuat Anda tampil cantik di pesta.
  • Sepatu atau sandal bertumit tinggi, memang bukan ide yang bagus wanita hamil. Namun bila kondisi Anda dan lokasi yang akan didatangi masih memungkinkan, Anda bisa saja mengenakan alas kaki jenis tersebut, bila perlu bawa cadangan alas kaki bertumit rendah.