Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Ada Apa di Trimester Kedua?

Category: Kehamilan

trimester keduaPERIODE trimester kedua ini biasanya dirasakan sebagai saat yang paling sehat bagi ibu hamil. Morning sickness yang biasanya dialami tidak terjadi lagi, energi bertambah dan keadaan hamil mulai terasa nyaman. Ibu hamil juga bisa melakukan berbagai aktivitas dengan leluasa karena perut sudah membesar namun belum terlalu besar. Sebagai masa paling nyaman selama kehamilan, inilah tahapan yang tepat untuk mulai merangsang indra-indra si Kecil dalam kandungan. Meskipun demikian, keluhan-keluhan kesehatan yang 'mengganggu' kadang masih muncul.

Keluhan dan Solusi Kesehatan Ibu Hamil Trimester Kedua

Pada trimester kedua, beberapa bagian tubuh seperti kaki dan pergelangan kaki, tidak jarang membengkak akibat adanya timbunan cairan. Kondisi ini bila disertai adanya gangguan aliran darah dapat menimbulkan wasir dan varises. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila gejalan-gejala seperti itu sudah mulai timbul.

Selain itu karena meningkatnya hormon kehamilan pada trimester kedua, kadang timbul gangguan pencernaan dan sulit buang air besar. Solusinya cukup mudah, ibu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan serta air putih.

Pertumbuhan Fisik Janin dan Stimulan untuk Perkembangan Kecerdasannya

Kehadiran si Kecil juga mulai dirasakan secara lebih nyata pada masa trimester kedua. Dari mulai denyutan lembut, ibu hamil akan merasakan tendangan dan sikutan kuat dari si Kecil dalam kandungan yang sedang tumbuh dan berkembang.

Dengan  bantuan USG, wajah si Kecil dapat kita amati. Pada masa ini, otot-otot wajahnya sudah bisa membuat gerakan bibir yang akan semakin sempurna seiring perkembangan fisiknya.

Di akhir trimester kedua, mata janin juga sudah peka terhadap cahaya sejalan dengan perkembangan otak dan sistem saraf pusatnya. Rambut-rambut halus yang belum berpigmen mulai tumbuh pada kulit tubuh, kulit kepala serta alis. Selain itu, telinga dan bagian-bagiannya sudah selesai terbentuk pada bulan ke-6, sehingga janin sudah mulai bisa mendengar suara-suara di sekitar perut ibu.

Mulailah memperdengarkan alunan musik yang lembut dan bisikkan kata-kata indah pada masa kehamilan ini untuk merangsang pertumbuhan saraf-sarafnya. Berikan pula sentuhan dan tekanan lembut pada perut untuk mengajak 'bermain' si Janin yang dapat memicu perkembangan kecerdasannya.

Nutrisi Tepat untuk Menunjang Perkembangan Fisik Ibu dan Janin

Masa trimester kedua adalah masa perkembangan yang pesat untuk ibu dan janin. Di akhir trimester kedua, panjang janin dari puncak kepala hingga ke tulang ekor sekitar 25 cm dengan berat sekitar 1000 gram. Sementara untuk Anda, ibu hamil pada trimester kedua akan bertambah berat badan antara 6 hinga 7 kg atau sekitar 2 kg perbulan.

Karena pentingnya masa ini, kebutuhan nutrisi yang baik dan lengkap semakin diperlukan terutama zat besi dan kalsium. Konsumsilah makanan dan minuman yang banyak mengandung kedua nutrisi tersebut. Bila dirasa perlu, penambahan vitamin yang mengandung zat besi dan kalsium biasanya akan diberikan oleh dokter Anda.