Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Keguguran - Apa Tanda-Tandanya?

Category: Kehamilan

KEHAMILAN adalah suatu peristiwa yang di tunggu-tunggu oleh setiap wanita. Betapa indahnya keluarga, ketika hadirnya seorang buah hati. Tapi di samping itu keguguran merupakan momok bagi setiap ibu hamil. Keguguran memang paling di takuti oleh banyak wanita hamil. Keguguran bisa saja terjadi secara tiba-tiba tanpa ada sebabnya. Tak ada peristiwa atau trauma yang mendahului terjadinya keguguran. Keguguran ini sering disebut keguguran dini karena terjadi pada trimester pertama kehamilan. Bahkan bisa terjadi pada masa awal kehamilan, seperti pertengahan pembuahan, saat ibu seharusnya mengalami menstruasi. ltu sebabnya kerap keguguran terjadi tanpa diketahui, lantaran dianggap menstruasi berat yang disertai kejang dan nyeri.

Keguguran dapat pula akibat penyakit kencing manis, adanya kelainan bentuk rahim, tumor rahim, kelemahan pada leher rahim. Untuk menemukan penyebabnya, harus dilakukan pemeriksaan yang benar dan tepat. Pada peristiwa keguguran, rahim berkontraksi sangat kuat sehingga hasil konsepsi tidak lagi dapat bertahan di dalam rahim tersebut. Pengeluaran hasil konsepsi itu diharapkan dapat terjadi secara lengkap, berupa janin yang terbungkus kantung ketuban bersama ari-arinya. Pada aboitus ini biasanya perdarahan tidak keluar janinnya, sedangkan ari-ari masih tetap teltinggal di dalam rongga rahim.

Hampir setiap kehamilan normal mengalami sedikitnya satu dan gejala kejang ringan, rasa nyeri, atau rasa tertarik pada satu atau kedua sisi perut. Ini bisa disebabkan oleh peregangan otot pendukung rahim. lbu hamil juga bisa mengalami bercak pada masa pembuahan.

Namun, gejala berikut biasanya menjadi pertanda keguguran:

  • Kejang atau nyeri di bagian tengah perut bagian bawah dan disertai keluarnya darah. Atau, muncul bawah dan disertai keluarnya darah.
  • Nyeri yang sangat, atau nyeri menetap dan berlangsung selama 24 jam atau lebih tanpa disertai perdarahan. Bisa juga terjadi perdarahan yang banyak seperti menstruasi, tanpa disertai nyeri.
  • Keluar bercak ringan yang terus-menerus selama 3 hari atau lebih.
(Sumber: www.weddingku.com)