Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Relaksasi Pada Masa Kehamilan

Category: Kehamilan

SEJALAN dengan membersarnya kandungan, beban yang ditanggung tubuh pun menjadi semakin berat, hal ini menyebabkan titik berat tubuh pindah ke bagian depan. Dan tanpa kita sadari, saat berjalan ibu hamil menarik bahu ke belakang, sehingga sering membuat pinggang dan punggung terasa pegal. Untuk itu perlu adanya kegiatan relaksasi bagi ibu - ibu hamil sehingga bisa menjadi obat yang mujarab bagi ibu hamil, karena terkadang ibu hamil bisa mengalami kecemasan, stres, sedih dan mood yang naik turun. Kegiatan Relaksasi ini bisa bermacam - macam antara lain :

Meditasi

Meditasi khusus ibu hamil berbeda dengan meditasi yang mengharuskan duduk bersila. Ibu hamil dapat melakukannya dengan cara berbaring menyamping dengan posisi tubuh mengapit bantal. Tujuannya untuk menumpu tubuh dari titik - titik yang menekan. Supaya lebih tenang putarlah musik yang menenangkan serta tarik dan buang nafas secara teratur. Agar lebih rileks sebaiknya dilakukan dengan memejamkan mata.

Yoga

Rangkaian gerakan yoga dapat membuat tubuh kuat dan elastis. Olah pernafasan di dalam yoga dan teknik relaksasi yang menyertainya membuat kita menjadi tenang dan bisa berpikir secara positif.

Pijat

Kegitan pijat ini bisa dilakukan dengan meminta pasangan Anda untuk memijat Anda mulai dari kepala, leher, punggung hingga ke kaki. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kepenatan, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan kekakuan pada bagian tubuh yang kaku. Selama kegiatan ini sebaiknya tetap melakukan relaksasi dengan mengatur pernafasan Anda dengan perlahan - lahan dan teratur untuk menghilangkan ketegangan. Perlu diingat pemijatan di bagian perut tidak boleh dilakukan.

Refleksiologi

Kegiatan refleksiologi ini harus dilakukan oleh seorang yang ahli dan mengetahui kehamilan Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa mual dan muntah juga menghilangkan rasa nyeri pada punggung dan bagian tubuh yang lain.