Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kenaikan Badan Yang Ideal

Category: Kehamilan

BAGAIMANA Hamil tanpa Mengalami Kelebihan Berat Badan?

Menurut peneltitian para ahli, ada 2 penyebab utama mengapa banyak wanita yang mengalami kelebihan berat badan setelah memiliki buah hati, yaitu:

  • Karena sebelum hamil berat badannya sudah berlebihan atau tidak ideal.
  • Karena selama kehamilan mengalami kenaikan berat badan melebihi yang disarankan.
Berat badan ideal bisa diukur dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Indeks  Massa Tubuh (IMT) = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m)2

Kalau saat ini Anda gemuk (IMT>23)*, sangat disarankan untuk berdiet sebelum hamil. Kegemukan bisa meningkatkan risiko keguguran dan komplikasi di saat melahirkan. Di samping itu, wanita gemuk cenderung mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan selama hamil sehingga sehabis melahirkan masih banyak yang "tersisa". Jika Anda kurus (IMT<20)*, usahakan untuk menambah berat badan supaya tidak melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah.

Berapa Besar Kenaikan Berat Badan Yang Disarankan?

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama masa kehamilan dianggap berbahaya karena bisa meningkatkan risiko ibu hamil menderita sakit punggung, varises pada kaki, keletihan, bahkan mungkin terkena penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan preeklamsia. Selain risiko tersebut, kenaikan berat badan yang berlebihan juga menyebabkan bayi lahir overweight (> 4,5 kg) dan mempersulit proses persalinan normal serta kemungkinan komplikasi.

Alasan lain yang tidak kalah penting adalah kenaikan berat badan yang berlebihan akan sulit untuk dikembalikan ke berat badan normal seusai melahirkan nanti. Begitupun sebaliknya, kenaikan berat badan yang kurang tidak baik karena berisiko melahirkan bayi prematur atau underweight (<2,5 kg), yang lebih gampang sakit dan rentan terhadap penyakit asma dan infeksi.

Jika Ibu Gemuk, Dietlah Sebelum dan Sesudah Hamil

Kegemukan meningkatkan risiko keguguran dan komplikasi saat melahirkan. Selain itu wanita gemuk cenderung mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan selama hamil, sehingga seusai melahirkan masih banyak yang tersisa.

 IMT (kg/m2)

Total Kenaikan Yang Disarankan

Selama Trimester 2 & 3

 Kurus (IMT < 18,5)
12,7 - 18,1 kg 0,5 kg/minggu
 Normal (IMT 18,5 - 23,3)
 11,3 - 15,9 kg
 0,4 kg/minggu
 Gemuk (IMT 23,3-29)
 6,8 - 11,3 kg
 0,3 kg/minggu
 Obesitas (IMT > 29)
 0,2 kg/minggu
 0,2 kg/minggu
 Bayi Kembar
 15,9 - 20,4 kg
 0,7 kg/minggu