Mobile Joomla Templates by Best Web Host

SEREAL = Sarapan Sehat Bagi Buah Hati Anda?

Category: Makanan Bayi

sarapan serealPASTI suatu ketika di sebuah supermarket, ketika melewati sebuah lorong sereal anda pernah mengalami si kecil menunjuk-nunjuk sereal, menyebutkan beberapa merk sereal dan ingin anda membelikannya untuknya. Andapun merasa terkejut karena anda belum pernah membeli sereal tersebut, anda pun belum pernah menyantapnya. Bagaimana ia bisa tahu akan hal itu?

Bisa jadi dia pernah melihat iklan televisi yang menayangkan iklan tersebut. Kelihatannya mungkin dia tidak menaruh perhatian terhadap siaran televisi namun seringkali mereka sadar akan apa yang muncul di layar. Iklan memang sangat menarik karena aksi dan suaranya. Salah satu jenis iklan yang paling sering ditayangkan pada program anak-anak adalah sereal. Beberapa sereal tersebut memang bergizi, namun yang lainnya tidak. Dalam kenyataannya, beberapa dari sereal tersebut mengandung gula dalam jumlah yang lebih banyak dari tiga keping biskuit coklat atau sama banyaknya dengan yang terkandung dalam sebuah donat. Mereka lebih mirip makanan manis yang spesial daripada menu sarapan.

Bagaimana anda dapat tahu bahwa sereal mengandung banyak gula? Lihatlah label komposisi yang terdapat pada kemasan. Komposisi diurutkan berdasarkan jumlah kandungan yang terbanyak. Jika urutan pertama atau kedua pada daftar komposisi tersebut adalah gula, sukrosa, atau sirup jagung, maka sereal tersebut mengandung gula dalam jumlah yang banyak. Akan lebih baik bila anda memilih sereal lain yang mengandung sedikit gula.

Bagaimana anda menyampaikan pada anak anda ketika anda memutuskan untuk tidak membeli sereal tersebut? Katakan, “ini bukanlah makanan yang disantap setiap hari, kita akan membeli sereal yang akan membantumu tumbuh dengan sehat dan kuat”. Cek label pada merk sereal yang lain, dan biarkan ia memilih satu dari sereal-sereal yang kandungan gulanya rendah.

Jika anak anda merasa tidak senang karena anda tidak membeli sereal yang ia inginkan, pergilah dari rak-rak sereal. Pergi dan selesaikan belanja anda. Anda dapat membaca label sereal lain kali ketika anda berbelanja sendirian. Perlu diketahui gula memiliki nama-nama lain yang bisa membingungkan anda, berikut nama lain dari gula tersebut, pemanis jagung, sirup jagung dengan kandungan fruktosa yang tinggi, dekstrosa, fruktosa, glukosa, laktosa, maltosa, molase, dan madu.

(Sumber: Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak Usia Emas, Iskarima Ratih S.Psi, Gambar: Blu3vanda.Wordpress.COM)