Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Susu Kedelai

Category: Makanan Bayi

SELAMA ini kita lebih mengenal susu sapi dibandingkan dengan susu kedelai, sehingga persepsi yang berkembang selama bertahun-tahun adalah jika ingin anak tumbuh sehat dan cerdas kita harus memberikan anak susu sapi secara rutin selama masa pertumbuhannya, tetapi apakah pendapat ini benar? Di Cina, susu kedelai disebut juga sebagai daging tanpa tulang karena protein yang terkandung di dalamnya dikenal setara dengan protein yang terdapat pada daging, susu sapi dan telur. Malahan susu kedelai diketahui sebagai salah satu dari tidak banyaknya sumber makanan dari tumbuhan yang paling mendekati dalam memenuhi semua bagian penting dalam asam amino (pembangun protein)

Manfaat Susu Kedelai:

  1. Susu kedelai bebas protein susu sapi dan hanya mengandung protein nabati. Protein nabati tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada penderita alergi susu sapi (yang juga tidak alergi terhadap protein nabati) dan mempunyai keuntungan karena dapat membuat lebih sedikit kehilangan kalsium pada ginjal.
  2. Susu kedelai tidak mengandung laktosa. Sekitar 25% dari populasi dunia tidak dapat mentoleransi laktosa.
  3. Susu kedelai dipakai secara luas untuk anak yang menderita terhadap alergi susu sapi. Anak alergi terhadap susu sapi diperkirakan sebesar 2,5 – 7,5 % bahkan dibeberapa negara angka ini lebih besar.
  4. Zat gizi setara dengan susu sapi. Susu formula dari susu kedelai yang dibuat untuk si kecil telah memenuhi angka kecukuan gizi yang setara dengan susu formula yang dibuat dari susu sapi dan dapat memastikan pemenuhan nutrisi makro dan mikro si kecil.

Susu Kedelai Solusi Alergi Susu

Susu kedelai baik untuk si kecil dengan penderita lactose intolerance yaitu gabungan dari gejala klinis seperti kembung, nyeri, sering buang angin, dan diare setelah mengkonsumsi produk yang mengandung laktosa. Hal ini disebabkan oleh defisiensi enzim laktose pada usus kecil. Laktosa banyak terdapat didalam susu sapi. Apabila jumlah laktose tidak tersedia, laktosa tidak terdapat dicernakan dan akan mengakibatkan gejala-gejala yang tersebut diatas.

Sejak lama susu kedelai telah diberikan kepada anak dengan lactose intolerance. Susu kedelai mengandung protein kedelai yang telah dimurnikan. Lemak pada susu kedelai berasal dari minyak tumbuhan. Semua susu kedelai bebas dari laktosa dan diperkaya oleh L-methionine, taurin, karnitin dan zat besi untuk kebutuhan nutrisi si kecil.

Susu kedelai baik diberikan kepada si kecil yang alergi terhadap susu sapi. Alergi susu sapi adalah alergi simpang dari sistem imunitas tubuh terhadap protein susu sapi dengan gejala klinis yang dapat menyerang saluran pencernaan, kulit ataupun saluran pernafasan setelah mengkonsumsi produk yang mengandung susu sapi.

Dengan memperkenalkan susu kedelai dari usia dini dapat membantu anak untuk memiliki pola makan sehat karena kemampuannya mengurangi lemak yang tidak baik dan kolesterol. Susu kedelai juga memiliki protein tinggi dan merupakan sumber penting dari kalsium, vitamin D, fiber, zat besi. Jadi jangan ragu lagi karena susu kedelai mengandung semua nutrisi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.