Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Alat Bantu Makan Bayi

Category: Makanan Bayi

ALAT makan, bukan sekedar pembeda alat makan anak dan orang dewasa, tapi juga mempermudah anda memberi makan si kecil. Selain kebersihan makanan, alat makan si kecilpun harus diperhatikan. Apa saja yang diperlukan?

Piring / Mangkuk.

Piring mangkuk yang pas untuk wadah makan, adalah yang tak terlalu besar. Usahakan bentuknya bulat dan tak tajam di bagian tepinya. Bila perlu cari yang adda pegangan tangannya, untuk memudahkan sikecil menyendok, saat mereka mulai belajar makan sendiri.

Sendok.

Usia 4-6 bulan. Khusus bayi yang baru belajar makanan padat, gunakan sendok makan yang tidak terlalu cekung, perhatikan tepi sendok, jangan keras ataupun tajam. Untuk memudahkan anda menyuapi makanan pilih sendok yang bergagang panjang dan terbuat dari karet atau plastic lunak sehingga tidak melukai gusi anak.

Usia 9-12 bulan. Diusia ini, sendok makan yang digunakanpun mengalami perubahan. Gunakan sendok yang ujungnya agak lebar dan gagangnya pendek dan tebal, sebab model ini mempermudah anak memegang, sehingga mereka dapat dengan mudah memasukkan makanan kemulut.

Cangkir

Usia 4-6 bulan. Bentuk cangkir yang tepat untuk bayi yang baru belajar minum adalah, yang tak terlalu besar dan berat. Pilihan jenis cangkir harus terbuat dari plastic atau melamin, agar tak mudah pecah saat terjatuh atau dibanting. Cangkir dengan dua pegangan yang diberi tutup dan berlubang yang lunak dan fleksibel pas untuk mereka. Dengan begitu saat meminumnya tak perlu takut mereka menumpahkan isinya atau tersedak.

Usia 9-12 bulan. Nah, untuk usia yang lebih besar, berikan mereka cangkir tanpa pegangan atau dengan pegangan satu saja.usahakan cangkir diberi tutup dan berlubang seperti dot atau dengan sedotan. Cangkir dengan model ini mempermudah mereka menggunakan gelas.

Tadah Liur

Alat yang satu ini berguna untuk melindungi baju dari semburan atau jatuhan makanan sikecil. Tadah liurpun memiliki banyak model, ada yang terbuat dari bahan handuk, menyerupai baju (khusus anak lebih kecil), ada pula yang terbuat dari plastic dengan tadahan makanan di bawahnya. Model bulat atau elips dengan tali diikatkan ke leher, sehingga tak merepotkan anak. Atau tadah liur yang terbuat dari bahan handuk yang dibelakangnya dilapisi plastic, untuk mencegah baju basah atau tersiram air.

Kursi Makan.

Saat usia 6 bulan, si kecil mulai membutuhkan kursi makan. Dengan duduk di kursi, acara makan jadi lebih aman dan mudah. Walaupun bentuk kursi makan sangat beragam dan menggemaskan, pilih kursi makan sesuai keperluan. Ada berbagai jenis kursi makan, yang pendek dan tinggi. Ataupun yang bias dibawa kemana-mana. Namun yang penting dalam memilih kursi, perhatikan keamanan dan kenyamanananak. Misalnya, lihat apakah pengait dikursi benar-benar aman saat mereka duduki.