Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kiat Memberi Makan Pada Bayi

Category: Makanan Bayi

PENGENALAN makanan padat pada bayi memang tak mudah, mereka yang biasa memiliki reflek menghisap, harus beradaptasi menelan makanan yang lunak. Agar mereka tak bingung dan cepat belajar, tentukan jadwal makan si kecil. Pilih waktu yang sama saat makan, sehingga mereka terbiasa mengenal waktu makan. Agar mereka tak membuang makanannya, karena nafsu makan terganggu sebaiknya berikan makanan lunak, setelah bayi minum susu. Sebagai awal bayi dapat diperkenalkan dengan buah yang lunak, seperti pisang, pepaya yang dihaluskan atau sari buah jeruk.

Untuk pertama kali, berikan setengah potong saja, jika mereka tak mengalami diare, buah tersebut bisa berangsur-angsur di tambah. Andai tak ada masalah, anda bisa mengenalkannya dengan bubur susu atau biscuit bayi yang diencerkan dengan susu(ASI) ataupun air matang. Mulanya berikan secara encer, setelah terbiasa baru boleh dikentalkan.

Karena setiap bayi memiliki selera yang berbeda, beri dalam porsi yang kecil, agar tak merasa kaget. Hentikan pemberian makanan jika mereka tak mau lagi memakannya atau sudah tak tertarik. Biarkan si kecil menikmati acara makannya, lakukan komunikasi saat memberi makan. Cara ini bisa menggugah selera makannya dan membuat rasa senang. Jika pengalaman pertama makan mereka senang, kelak mereka tak akan susah makan.