Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Makanan Untuk Bayi

Category: Makanan Bayi

KETIKA bayi berumur 6 bulan ke atas sudah bisa dikenalkan dengan makanan seperti buah dalam bentuk jus, tim saring maupun bubur saring. Pemilihan jenis makanan ini perlu hati - hati karena harus memperhatikan pula riwayat alergi orang tua yang mungkin bisa diwariskan pada anaknya. Dan perlu diingat bahwa pada usia ini organ pencernaan bayi belumlah kuat sehingga makanan yang diberikan haruslah yang lunak.

Beberapa resep makanan yang bisa Anda berikan kepada si buah hati antara lain :

Cara Pembuatan Makanan Bayi
Air jeruk
B a h a n:1 buah jeruk garut atau jeruk siam, + (100 gr).
Cara membuat:Jeruk dicuci bersih dan dipotong melintang lalu diperas dan disaring.
Cara pemberian:
Untuk pertama kali air jeruk tersebut diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt. Pemberian ini ditambah dari hari ke hari sampai dapat menghabiskan 1 buah jeruk, maka selanjutnya tidak perlu diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.
Air tomat
B a h a n:1 buah tomat (+ 60 gr)
Cara membuat:
Tomat dicuci bersih masukkan ke dalam panci yang berisi air panas lalu panci ditutup dan biarkan 3 - 5 menit angkat tomat dari air panas, kupas kulit arinya lalu disaring. Air tomat yang didapat + 6 sdm (50 cc)
Cara pemberian:
Untuk pertama kali air tomat diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt. Pemberian ini dari hari ke hari ditambah sampai dapat menghabiskan 1 buah tomat, maka selanjutnya tidak usah diencerkan lagi. Bila rasanya asam, dapat ditambah gula dalam bentuk sirup secukupnya.
Pepaya saring
B a h a n:1 potong pepaya masak dengan berat + 100 gr
Cara membuat:
Pepaya dicuci bersih dan dikupas, buang biji dan bagian yang keras pepaya dipotong-potong atau dihaluskan lalu disaring. Pepaya halus yang didapat + 9 sdm.
Cara pemberian:
Untuk pertama kali diberikan 1 sdt, hari-hari selanjutnya ditambah sampai dapat menghabiskan 1 ptg pepaya.
Pisang ambon
B a h a n:1 buah pisang ambon.
Cara membuat:
Pisang dicuci bersih lalu dikupas. Pisang dikerik halus dan dimasukkan ke dalam cangkir. Pisang yang telah dikerik sebaiknya dicampur dengan air jeruk/air tomat.
Cara pemberian:
Untuk pertama kali diberikan sebanyak 1 sdt. hari-hari selanjutnya ditambah sehingga dapat menghabiskan 1 atau 2 pisang.
Bubur susu
B a h a n:150 cc susu (3/4 gls) 50 cc air putih (1/4 gls) 10 gr gula putih (1 sdm) 20 gr tepung beras (2 sdm) garam sedikit, menurut selera.
Cara membuat:
Susu didihkan. Tepung beras diencerkan dengan air 50 cc dan dimasukkan ke dalam susu yang telah mendidih sampai masak, masukkan gula pasir ke dalam bubur tersebut dan ditambah garam kemudian angkat.
Tim saring
B a h a n:20 gr beras (2 sdm) 10 gr kacang hijau (1 sdm) 25 gr hati ayam (1 ptg) atau hati sapi, daging cincang atau daging ikan, atau 1 btr telor ayam 10 gr daun bayam (1 genggam) 20 gr tomat (1 bh sdg) 20 gr wortel (1 ptg sdg)
Cara membuat:
Beras dan kacang hijau yang telah direndam semalam dicuci lalu ditim dengan 150 cc (3/4 gls) air. Bila sudah 1/2 masak, masukkan hati dan wortel ke dalamnya, biarkan sebentar sampai hati atau penggantinya agak lunak. Kemudian masukkan bayam, tomat dan garam. Tunggu sampai masak, angkat lalu saring dengan saringan.
Arti Singkatan :
gr:grambh:buah
sdg:sedanggls:gelas
ptg:potongbj:biji
sdm:sendok makanbsr:besar
sdt:sendok tehkcl:kecil
kiriman: Ny. Anita - Surabaya