Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Saluran Cerna Sehat Awal Daya Tahan Tubuh Kuat

Category: Nutrisi Untuk Bayi

TAHUKAH Anda, 80% komponen daya tahan tubuh atau imunitas anak di awal masa pertumbuhannya terdapat di dalam saluran cerna? Oleh karena itu, kesehatan saluran cerna berperan penting dalam menciptakan daya tahan tubuh anak. Apalagi dengan adanya fakta bahwa sistem daya tahan tubuh anak belum sematang sistem daya tahan tubuh orang dewasa.

Fakta tentang kesehatan saluran cerna anak:

  • Salah satu faktor kunci kesehatan saluran cerna adalah adanya dominasi bakteri baik dibandingkan bakteri patogen dalam saluran cerna.
  • Bakteri baik dalam saluran cerna akan membantu lancarnya pencernaan, penyerapan zat gizi dari makanan yang dikonsumsi dan yang terpenting dapat mengurangi pertumbuhan bakteri patogen. Hasilnya adalah daya tahan tubuh yang kuat dan tidak gampang sakit.
  • Pertumbuhan bakteri baik dapat ditingkatkan dengan asupan prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik. Salah satu jenis prebiotik adalah Oligosakarida.
Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangun imunitas si buah hati antara lain:
  • Nutrisi. Berikan ia nutrisi yang sehat dan bergizi seimbang sesuai dengan kebutuhannya. Nutrisi akan membantu meningkatkan imunitasnya. Pastikan nutrisinya juga tepat untuk kesehatan saluran cerna, karena ini akan memberi manfaat jangka panjang bagi si kecil.

  • Prebiotik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran cerna adalah dengan memberikan si kecil nutrisi yang mengandung prebiotik. Prebiotik akan menjadi makanan bagi bakteri baik yang secara alami telah ada dalam saluran cerna si kecil. Membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

  • Susu. Minuman ini sudah dibuktikan selama bertahun-tahun lamanya karena kandungan gizinya yang dapat menyehatkan tubuh. Agar bisa memberikan manfaat yang optimal, pilihlah susu yang mengandung prebiotik.