Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Cara Aman Menggendong Si Kecil

Category: Perawatan Bayi

BAGI ibu atau ayah baru, menggendong si kecil bisa jadi problem tersendiri. Banyak di antara kita yang takut si kecil jatuh! Nah, pelajari segera caranya di sini. Sebagian besar orang menganggap bayi kecil adalah makhluk lemah dan ringkih. Maka, tak heran banyak ibu atau ayah baru amat takut ketika harus mengangkat bayinya. Takut jatuh! Padahal, bila dilakukan dengan hati-hati dan penuh keyakinan; mengangkat, menggendong dan mendekap si kecil justru menjadi sarana mendekatkan hubungan batin antara Anda dan anak.

Sejumlah penelitian juga telah membuktikan kontak fisik antara ibu dan bayi, antara lain dengan memeluk dan menggendong, membuat perkembangan emosi dan kecerdasan si kecil pun menjadi optimal. Anak yang mendapatkan sentuhan, belaian, pelukan kasih sayang akan merasakan kebahagiaan. Si kecil pun merasa aman dan nyaman, dan selanjutnya membuat ia tumbuh penuh percaya diri.

Kalau begitu, bagaimanakah cara aman menggendong si kecil? Berikut, beberapa langkah yang harus Anda simak:

  • Bila ingin mengangkat si kecil, sisipkan satu tangan Anda di antara bokong dan pinggulnya. Letakkan tangan Anda yang lain di antara kepala dan lehernya. Yakinkan Anda telah cukup kuat dan erat memegangnya. Angkatlah si kecil.
  • Dekatkan si kecil ke tubuh Anda. Letakkan kepalanya pada lipatan siku Anda. Sedangkan tangan yang lain tetap menahannya pada bagian bokong bayi. Ketika menggendong si kecil, pastikan Anda tetap merasa nyaman dan santai. Untuk menambah kenyamanan si kecil, Anda bisa menyelipkan lebih dulu bantal gendong kecil di siku Anda. Bantal gendong semacam ini, bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko perlengkapan bayi.
Lalu, bagaimana cara meletakkan si kecil kembali?
  • Tahan bagian leher dan kepala dengan telapak tangan. Sementara, tangan yang lain menahan bokong si kecil. Kemudian, letakkan perlahan-lahan bagian bokong si kecil lebih dahulu di tempat tidur. Dan, tangan yang lain tetap menahan leher dan kepalanya.
  • Kemudian lepaskan tangan Anda yang menahan bokong bayi dan gunakan untuk menahan bagian ujung kepalanya. Sambil meletakkan kepala si kecil hati-hati, di tempat tidur, tariklah perlahan-lahan tangan Anda yang semula menahan leher dan kepalanya. Sementara, tangan lainnya memegang bagian ujung kepala.
Bila Anda tahu caranya, jangan lagi khawatir untuk menggendong si kecil. Ingatlah, si buah hati sangat mendamba ungkapan cinta dan kasih Anda. (SAM)