Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Ketika Demam Menyerang

Category: Perawatan Bayi

DEMAM merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh anak kecil. Hal ini menandakan bahwa si kecil akan terserang penyakit atau mengalami infeksi. Lantas bagaimana mendeteksi gejalan demam pada si kecil? Si kecil dapat dinyatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi suhu normal yaitu lebih tinggi dari 37.5 derajat Celcius (diukur dengan termometer lewat mulut) atau 37.2 derajat Celcius (diukur dengan termometer lewat ketiak).

Apa yang harus Anda lakukan jika si kecil terkena demam?
  • Ajaklah si kecil untuk beristirahat di ruangan yang sejuk.
  • Hindari baju yang berlapis-lapis atau selimut yang terlalu tebal.
  • Kompress dahi, ketiak dan selangkangan dengan air hangat, bukan dengan alkohol atau air es. Alkohol dan air es bisa mengakibatkan suhu tubuh si kecil semakin meningkat serta merasa kedinginan dan tidak nyaman.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Berikan obat penurun demam yang mengandung paracetamol.
  • Jika demam masih berlanjut lebih dari 3 hari, segera konsultasikan pada dokter.
Bagaimana cara mengukur suhu tubuh yang paling akurat?
Mengukur suhu tubuh melalui perabaan tangan (tanpa menggunakan termometer) tidak bisa dijadikan 'alat' pengukur suhu yang tepat. Yang paling benar adalah mengukur suhu di daerah dubur dengan termometer. Suhu di daerah dubur (temperatur rektal) dinilai paling mendekati suhu tubuh sebenarnya (core body temperature). Sedangkan suhu di daerah mulut dan ketiak (aksila) hanya berkisar 0,5-0,8 derajat lebih rendah dari suhu rektal, dengan catatan setelah pengukuran selama minimal 1 menit.