Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Masalah Tidur Bayi

Category: Perawatan Bayi

SEBAGAI orang tua yang senantiasa memperhatikan keselamatan buah hatinya haruslah memperhatikan pula masalah yang berkaitan dengan tidur buah hatinya. Karena ternyata ada beberapa hal yang memiliki resiko tinggi bisa menyebabkan kecelakaan pada bayi ketika sedang tidur atau berada di tempat tidur. Salah satunya adalah SIDS (Sudden Infant Death Syndrorne) yaitu kematian secara mendadak yang sering dialami oleh bayi berusia di bawah 1 tahun. Untuk itu perlu kiranya setiap orang tua memperhatikan masalah-masalah berikut ini:

Dapatkah bayi saya berbagi tempat tidur dengan kakaknya? Berbagi tempat tidur dengan anak lain, termasuk dengan kakaknya sangatlah tidak aman bagi bayi Anda. Selain memiliki resiko tinggi mengalami sesak nafas, hal ini juga memperbesar resiko bayi Anda mengalami SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Telah ada berbagai laporan mengenai bayi yang mati lemas karena tertindih oleh orang dewasa, kakaknya atau anggota keluarga lainnya yang berbagi satu tempat tidur dengan si bayi.

Bolehkah bayi tidur dalam posisi miring?

Posisi tidur paling aman bagi bayi adalah posisi terlentang karena akan mencegah bayi berguling sehingga akhirnya berada dalam posisi tengkurap di atas perutnya. Dengan posisi tengkurap maka resiko mengalami SIDS akan semakin besar. Memang untuk beberapa kasus bayi akan lebih baik jika tidur tengkurap di atas perutnya. Hal ini biasanya diperlukan jika bayi Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang tidak normal. Jika Anda tidak yakin dengan posisi tidur terbaik bagi bayi Anda silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter maupun perawat Anda.

Bolehkah tidur tengkurap pada saat-saat tertentu?

Ya, boleh saja. Letakkan bayi Anda dalam keadaan tengkurap di atas perutnya ketika dia terbangun dan ada seseorang yang mengawasi. Dalam keadaan terbangun dan terawasi seperti ini sangat baik bagi bayi Anda, karena dia akan berusaha untuk mendongak dan mengangkat kepalanya untuk melihat ke depan sehingga dapat membantu memperkuat otot leher dan bahunya.

Bolehkah menyusui bayi di tempat tidur?

Membawa bayi ke tempat tidur bisa jadi beresiko bagi bayi Anda terutama jika tempat tidur Anda memiliki kasur yang empuk dengan pelapis yang lembut serta terdapat bantal dan selimut, sehingga memungkinkan bayi Anda tertutup olehnya. Oleh karena itu ada baiknya setelah bayi selesai disusui diletakkan kembali di ranjangnya.