Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Mitos Bayi Baru Lahir

Category: Perawatan Bayi

mitos seputar bayi“Sudah Maghrib. Baju bayi harus diangkat. Kalau tidak, dia bisa sakit!” semprot ibu Anda dengan galaknya. Di tengah musim penghujan seperti sekarang, menjemur cucian bukan perkara mudah lantaran matahari ‘ogah-ogahan’ muncul. Anda pun jadi serba salah. Inginnya, sih, perintah ibu dilanggar saja. Apalagi, persediaan popok dan pakaian si kecil kian menipis. Tapi, di dalam hati, Anda merasa was-was. Bagaimana kalau si kecil yang belum genap berusia dua bulan betul-betul jatuh sakit?

Dilema semacam ini memang sering melanda para mama yang baru melahirkan. Begitu banyak ‘nasihat turun-temurun’ yang dijejalkan pada mama baru, sehingga membuat bingung. Berikut mitos yang sering muncul vs fakta pendukungnya:

Mitos: Gurita bayi mencegah perut buncit.

Fakta: Salah. Pemakaian gurita pada bayi (terutama bayi perempuan) sama sekali tidak ada hubungannya dengan upaya pencegahan agar perut tidak melar ketika dewasa. Ketika dilahirkan, semua bayi memiliki perut yang ukurannya lebih besar daripada dada. Seiring pertambahan usia, perut bayi akan terlihat mengecil. Pemakaian gurita malah sebaiknya dihindari, karena membuat bayi susah bernapas.

Mitos: Uang logam yang ditempel di pusar bisa mencegah bodong.

Fakta: Salah. Tak hanya mitos, hal ini berbahaya karena uang logam (yang pastinya kotor) bisa menyebabkan infeksi! Pusar menonjol alias bodong adalah kondisi yang wajar. Otot dinding perut pada bayi masih lemah, sehingga bisa mempengaruhi bentuk pusar. Jangan khawatir karena seiring bertambah kuatnya dinding perut, bentuk pusar juga akan mengalami  perubahan.

Mitos: Agar mancung, tarik-tarik hidung bayi sejak dini.

Fakta: Salah. Anatomi hidung seseorang ditentukan oleh bentuk tulang hidung dan ini bersifat genetis.

Mitos: Bedong membuat bayi tidur nyaman dan tak ‘masuk angin’.

Fakta: Benar. Bedong memang bisa mencegah ‘masuk angin’ dan membuat bayi tidur nyenyak. Ketika dibedong, bayi merasa seperti sedang dipeluk. Hasilnya? Ia merasa nyaman dan hangat.

Mitos: Jangan ajak bayi ke luar rumah sebelum 40 hari.

Fakta: Benar. Bayi yang usianya masih dalam hitungan hari memiliki daya tahan tubuh yang amat rendah. Begitu ada kuman atau virus yang masuk kedalam tubuhnya, ia mudah jatuh sakit.

Mitos: Embun pagi di rumput akan membuat anak cepat berjalan.

Fakta: Benar. Paduan antara dinginnya embun pagi dan tekstur rumput memang bisa merangsang saraf-saraf yang ada di telapak kaki anak.Rangsangan ini nantinya akan diteruskan ke otak. Saat kakinya diletakkan di atas rumput, anak akan merasa nyaman (seolah-olah dipijat!) dan hal itu akan memancingnya untuk melangkah.