Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Menerapkan Pola Tidur Bayi

Category: Perawatan Bayi

pola tidur bayi

MENERAPKAN pola tidur yang baik pada anak sedini mungkin, akan sangat berpengaruh pada emosi dan perkembangan balita. Banyak sekali hal yang bisa mempengaruhi pola tidur balita. Untuk itu si ibu harus bisa menerapkan kebiasaan tidur yang baik bagi buah hatinya.

Menerapkan kebiasaan tidur yang baik ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Ciptakan rutinitas waktu tidur: misalnya dengan cara membacakan cerita, menggosok gigi, mengganti pakaian dengan baju tidur, menyanyikan nina bobo, dan lain-lain.
  • Tetapkan jadwal harian : usahakan si kecil tidur siang, makan, bermain pada jam yang sama setiap harinya.
  • Latih dan dorong si kecil untuk tidur dengan sendiri.
  • Bila dalam keadaan mengantuk dilatekkan di tempat tidur, si kecil akan cenderung tertidur dengan sendirinya. Ini akan menguntungkan si ibu, karena si kecil tidur secara mandiri, ibu tidak perlu menemani atau meninabobokan si kecil.

Masalah sosial dan perkembangan bisa mempengaruhi pola tidur si kecil. Bayi yang merasa aman, tidak akan bermasalah dengan tidurnya. Kecemasan berpisah menyebabkan si kecil terbangun dan menangis karena ibu tidak berada di dekatnya. Sakit dan perkembangan motorik juga bisa mempengaruhi pola tidur si kecil.

Berikut Tips agar si kecil bisa tidur dengan nyaman:

  • Jika memungkinkan, salah satu sisi tempat tidur menempel di dinding dan tidurkan si kecil diantara ibu dan dinding, bukan diantara ayah dan ibu. Si kecil bisa berputar 360 derajat selama tidur dan pastikan pula tidak ada sisi yang retak, baik di tempat tidur atau dinding. Isi ruang yang tersisa dengan selimut yang di gulung.
  • Jika sedang dalam pengobatan yang mungkin bisa mengganggu kepekaan ibu terhadap si kecil yang tidur di samping ibu, sebaiknya ibu tidak tidur bersama si kecil.
  • Tempat tidur yang terlalu kecil atau terlalu penuh dengan barang-barang, merupakan lingkungan tidur yang buruk bagi si kecil, dan juga sebaiknya hindari tertidur di sofa dengan si kecil.
  • Ekstra waspada terhadap kemungkinan si kecil terjatuh dari tempat tidur. Bila si kecil tidur sendirian di tempat tidur, buatlah pagar kecil, misalnya dari bantal dan guling.