Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Pentingnya Pemeriksaan Rutin

Category: Perawatan Bayi

pemeriksaan rutin anak

BATITA tumbuh dengan cepat. Seiring dengan pertumbuhannya, mereka perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan ini akan memberikan kesempatan kepada dokter untuk mendeteksi apakah ada masalah sejak dini. Dengan begitu , masalah yang timbul dapat dengan cepat ditangani untuk mencegahnya menjadi serius atau menimbulkan efek jangka panjang.

Pastikan Anda menyimpan catatan kesehatan anak di tempat yang aman dan mudah Anda cari. Catatan pemeriksaan kesehatan menyediakan informasi tentang kesehatan anak dan imunisasi yang telah ia dapatkan. Anda akan membutuhkan catatan ini ketika Anda mendaftarkan anak ke tempat penitipan anak atau taman kanak-kanak. Jika anak Anda membutuhkan makanan atau pengobatan khusus selama mereka berada di luar rumah, catatan kesehatan ini akan memberikan para pengasuh informasi yang tepat.

Standar Perawatan Anak yang di susun oleh Akademi Pediatrik Amerika (American Academy of Pediatric - AAP) merekomendasikan pemeriksaan anak yang lengkap meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Riwayat kesehatan
  • Pengukuran berat badan dan tinggi badan
  • Pemeriksaan penglihatan dan pendengaran
  • Penilaian pertumbuhkembangan ataupun perilaku
  • Pemeriksaan fisik
  • Imunisasi
  • Informasi tentang nutrisi dan keamanan untuk para orang tua
  • Pemeriksaan gigi

AAP juga merekomendasikan agar pemeriksaan rutin batita dilakukan pada usia 12, 15, 18, 24 dan 36 bulan. Tentu saja bila orang tua atau dokter mempunyai perhatian khusus akan anak, akan dibutuhkan pemeriksaan yang lebih sering.

Jika Anda tidak menemukan dokter anak, hubungilah dinas kesehatan setempat, spesialis kesehatan ibu dan anak, atau klinik kesehatan. Mereka dapat memberikan Anda informasi tentang dokter atau klinik di mana anak Anda bisa mendapatkan pemeriksaan yang lengkap.

Sumber: Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak Usia Emas Gambar: indonesia.newsbeet.com