Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Serba-Serbi Tangisan Bayi

Category: Perawatan Bayi

tangisan bayiBAYI yang menangis mengisyaratkan bahwa dia membutuhkan pertolongan anda, semakin cepat anda meresponnya maka semakin cepat pula dia akan berhenti menangis. Selama beberapa minggu kelahiran bayi anda, bayi anda tidak dapat mengontrol tangisnya. Bayi anda hanya akan menangis jika mereka butuh sesuatu, mereka tidak akan berhenti menangis sampai kebutuhan mereka terpenuhi atau hingga mereka lelah untuk menangis.

 

Banyak orang tua ingin tahu apakah pola makan bayi yang menyebabkan tangisan ini, namun mengganti susu formula atau merubah pola makan sang ibu yang menyusui jarang sekali bisa memecahkan masalah ini. Apabila bayi anda sering diare atau muntah, memiliki masalah pernafasan, atau tidak mencapai berat badan yang seharusnya datanglah pada dokter anda untuk menanyakan kemungkinan adanya alergi.

Kadang-kadang bayi tidak pernah terlihat berhenti menangis, hal ini bisa jadi sangat membuat tertekan dan sulit untuk didengar, tetapi jangan merasa marah pada bayi anda, bayi anda tidak bisa menolong anda.

Sebaiknya anda mencoba berbagai cara untuk membuat bayi anda tenang, seperti merubah posisi menyusui, menggendong dan jika bayi anda masih menangis, mintalah bantuan kepada teman atau saudara anda untuk membantu mengawasi bayi anda untuk satu jam, anda butuh istirahat pada saat ini dan membutuhkan pertolongan dari orang di sekitar anda.

Bila anda berpikir bahwa bayi anda sakit, segera hubungi dokter anak anda.

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan bayi anda menangis :

Lapar. Ketika bayi baru berusia beberapa minggu, mereka mungkin lebih sering makan dari yang diharapkan. Berilah bayi anda makan ketika ia menunjukkan bahwa tanda-tanda lapar terlihat ( mencari-cari atau menolehkan kepala kepada benda yang menyentuh pipinya, mengisap tangannya, rewel dll ) tujuannya adalah memberi makan mereka ketika merasa lapar tetapi tidak terlalu lapar. Beberapa bayi yang lapar menjadi sangat rewel, mereka tidak bisa ditenangkan dan diasuh dengan seharusnya.

Kesepian. Apabila bayi menjadi tenang dan tetap tenang segera setelah anda menggendongnya itu berarti ia merindukan anda. Kebutuhan bayi akan kedekatan dengan orang tua adalah nyata. Anda tidak akan memanjakan bayi hanya dengan menggendongnya ketika ia membutuhkannya.

Kepanasan atau kedinginan. Rasakan punggung atau perut bayi untuk memeriksa apakah bayi anda kepanasan atau kedinginan. Sesuaikan pakaian bayi anda supaya bayi anda merasa nyaman. Berikan pakaian kepada bayi anda seperti anda berpakaian atau satu lapis lebih tebal supaya hangat.

Mendapatkan terlalu banyak rangsangan. Terlalu banyak orang yang lalu lalang atau berbicara pada bayi anda pada suatu waktu dapat membuat bayi anda terlalu lelah. Berikan waktu pada bayi anda untuk membuatnya merasa tenang dan damai. Menaruh bayi dalam ruangan yang temaram bisa membuat bayi anda menjadi lebih tanang.

Terkejut. Bayi kadang tergerak tiba-tiba, terkejut atau menangis. Melilitkan selimut dengan aman di seluruh tubuhnya dan menggendongnya dengan mantap dapat menenangkan bayi anda.

Popok basah. Ada beberapa bayi yang kebaratan dengan kondisi ini tapi beberapa bayi bisa juga tidak.

Rasa sakit. Bayi mungkin merasa sakit atau tudak nyaman karena ada peniti menusuk atau mungkin bajunya memiliki label atau resleting yang tajam.

Mengantuk. Beberapa bayi akan sedikit rewel sebelum tidur.

Perangai. Bayi yang lebih senditif, lebih bersemangat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri umumnya lebih sering menangis dan tangisannya lebih keras.

Selain hal-hal yang tersebut diatas bisa juga bayi anda mengalami mulas, biasanya bayi yang merasa mulas menangis keras dan menyayat hati. Tangisan ini bisa berhenti dalam beberapa menit atau beberapa jam, biasanya pada waktu yang sama setiap harinya. Penyebab mulas tidak diketahui, dan kadang bayi tidak akan berhenti walaupun anda telah mencoba berbagai macam cara. Untuk bayi yang mengalami mulas cobalah beberapa tips berikut ini:

  • Rebahkan bayi anda diantara lutut, kemudian usap atau tepuk-tepuk punggungnya.
  • Ayun-ayun sebanyak 60 ayunan permenit, bisa dengan menggendongnya sambil berjalan pelan atau gunakan ayunan bayi. Berjalan dengan menyelipkan bayi anda di antara lengan dengan tangan anda berada di bawah perutnya. Atau tahan bayi anda supaya dia bisa melihat sekeliling anda.
  • Peganglah bayi anda dengan lengan anda atau dengan gendongan yang berada di depan. Penelitian menunjukkan bahwa menggendong bayi berjam-jam lebih lama dapat mengurangi tangisannya.
  • Berikan makan malamnya dengan posisi tubuh tegak bukan rebah. Buat bayi anda bersendawa untuk membuat udara dari perutnya keluar.
  • Pergilah jalan-jalan naik mobil, taruh bayi anda di tempat duduk khusus bayi dalam mobil.
  • Bernyanyilah untuknya atau setel musik yang lembut. Kadang suara kipas angin, penyedot debu, atau radio bisa menenangkan bayi anda.
  • Bicara pada dokter anda untuk mengetahui apakah dia punya saran lain.
  • Bersabarlah, kondis dimana bayi menangis karena mulas biasanya memuncak pada usia 6 minggu dan mulai mereda pada bulan ketiga atau keempat.