Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Keamanan Ranjang Bayi

Category: Perawatan Bayi

Bayi anda akan menghabiskan waktu yang panjang di dalam ranjangnya. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjamin keamanan ranjang yang ditempatinya setiap hari. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang dimiliki oleh ranjang bayi yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi:

  • Memiliki jarak antar jeruji ranjang bayi yang aman bagi bayi anda (< 6 cm) untuk menghindari terjepitnya bayi anda di sela-sela pagar pembatas ranjangnya.

  • Matras yang berukuran tepat untuk ranjang bayi anda sehingga tidak terdapat sela diantara matras dengan ranjang. Apabila dua jari orang dewasa dapat masuk di antara sela antara matras dengan ranjang, maka ada kemungkinan bahwa bayi anda dapat terjepit di sela-sela tersebut. Matras tersebut juga tidak boleh memiliki bahan yang terlalu lembut untuk menghindari terbenamnya wajah si kecil sehingga ia mengalami kesulitan untuk bernafas. Selalu letakkan bayi anda pada punggungnya.

  • Periksa ranjang bayi anda secara berkala untuk menghindari komponen-komponen ranjang yang mungkin kendur seperti baut, pembatas, dan lainnya. Bahkan meskipun ranjang bayi anda telah dirakit dengan baik, bayi yang energetik dan sering melompat-lompat di dalam ranjangnya dapat membuat komponen-komponen tersebut menjadi kendur. Ranjang bayi dan komponen-komponennya juga harus bebas dari sudut-sudut yang tajam dan memiliki permukaan yang tidak kasar.

  • Hindari lubang/celah pada permukaan papan pembatas kepala dan kaki ranjang bayi anda sehingga kepala bayi anda tidak terperangkap.

  • Bagian atas pagar pembatas ranjang bayi anda, dalam keadaan tertutup penuh, harus memiliki jarak minimal 26 inci dari matras dalam posisi terendah. Hal ini penting untuk menjamin agar bayi anda tidak dapat memanjat keluar dari ranjangnya.

  • Sesegera bayi anda dapat berdiri sendiri, tempatkan matras ranjangnya pada posisi yang terendah.

  • Segera hentikan menggunakan ranjang bayi atau konversikan ranjang bayi tersebut ketika tinggi bayi anda telah melebihi 3/4 tinggi pagar pembatas ranjangnya.

  • Pastikan bahwa pembatas ranjang bayi anda hanya dapat dibuka dalam minimal 2 langkah dan tenaga untuk membukanya sebesar minimal 5kg. Hal ini penting agar bayi anda tidak dapat melepaskan pagar pembatas ranjangnya. Pastikan bahwa anda telah menutup penuh pagar pembatas bayi setiap kali anda telah meletakkan si kecil di ranjangnya untuk tidur.

  • Pastikan tidak ada benda apapun yang menggantung di dekat atau di atas ranjang yang dapat dengan mudah diraih oleh bayi anda untuk menghindari terjadinya masalah antara bayi anda dengan objek-objek tersebut.

  • Hindari ranjang bayi yang memiliki kandungan timbal yang berbahaya di dalam cat atau bahannya.

  • Dapatkanlah rasa aman setiap kali anda menempatkan bayi anda di ranjangnya untuk tidur dengan menerapkan langkah-langkah keamanan ini dengan teliti.

(Sumber: www.babybelle.co.id)