Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kemanan Tempat Tidur

Category: Perawatan Bayi

WAKTU tidur bayi sangatlah perlu Anda perhatikan agar memiliki kualitas yang baik, sehingga pertumbuhan otak dan tubuh bayi Anda bisa berkembang dengan baik. Banyak hal yang bisa kita lakukan agar waktu tidurnya berkualitas salah satunya adalah dengan menyediakan tempat tidur yang bersih dan nyaman serta ruangan yang memadai. Khusus masalah tempat tidur ada beberapa hal yang juga perlu Anda perhatikan, yaitu masalah keamanannya.

Pastikan tempat tidur bayi Anda aman. Kecelakaan tempat tidur dapat melukai atau malah bisa menyebabkan kematian bagi bayi Anda.

  • Jarak antara kayu sebaiknya tidak lebih dari 4,5 cm, jadi bayi tidak bisa bergeliat, terperangkap dan tercekik di antara jeruji tempat tidur.
  • Bila tempat tidurnya sudah tua, catnya mungkin mengandung timbal yang bisa meracuni bayi. Tempat tidur yang dibuat setelah 1977 tidak dicat menggunakan timbal. Berhati-hatilah ketika Anda memutuskan untuk mengecat ulang tempat tidur tua.
  • Pastikan tidak ada pinggiran yang tajam atau serpihan logam.
  • Sisi tempat tidur harus cukup tinggi supaya bayi tidak jatuh atau terguling, bahkan ketika sisi pinggirannya diturunkan.
  • Bayi tidak membutuhkan bantal, karena bantal bisa menyebabkan bayi mati lemas jika dia tertutupi bantal di wajahnya ketika terguling.
  • Pastikan bayi Anda tidur di atas kasur yang kuat dengan ukuran yang pas pada tempat tidur dan tidak menyisakan ruang. Jangan menggunakan alas tempat tidur yang berbulu, selimut atau bulu domba sebagai alas tidur bayi.
  • Jangan membeli tempat tidur bekas dengan potongan-potongan dekoratif di ujungnya. Pindahkan kayu-kayu tonggak yang menempel lebih dari 1,5 cm di atas kedua sisi tempat tidur. Benda ini bisa menjerat leher atau pakaian bayi dan menyebabkannya tercekik.