Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Penyedotan Lendir

SESAAT setelah dilahirkan, punggung bayi ditepuk-tepuk agar tangisan pertamanya terdengar dengan tujuan agar paru-parunya terbuka dan cairan yang dihisap bayi saat dilahirkan bisa keluar. Dokter pun akan membantu untuk menghilangkan cairan atau lendir, amnion dari mulut dan hidung bayi. Ini untuk memastikan kedua lubang hidung bayi terbuka dan ia bisa bernafas.

Pemotongan Tali Pusat

Pemotongan  tali pusat biasanya dilakukan dalam dua menit pertama dengan cara tali pusat dijepit lalu digunting. Dokter biasanya akan mengambil contoh darah tali pusat untuk pemeriksaan berikut. Misalnya untuk pengukuran kandungan bilirubin apakah bayi menderita kuning atau tidak.

Tes APGAR

Dalam waktu 1-5 menit bayi baru lahir akan menjalani pemeriksaan untuk mendapatkan nilai APGAR. Test ini dilakukan untuk mengevaluasi tanda-tanda vital dan respon fisik bayi. Ada 5 kategori yang diperiksa yaitu, Activity (denyut otot), Pulse (detak jantung per menit), Grimace (respon refleks), Apperance (warna kulit) dan Respiration (pernafasan).

Nilai APGAR berkisar 0-2 untuk setiap kategori, lalu semua nilai dijumlahkan. Jika nilai APGAR berkisar 7-10 bayi dianggap normal. Pemeriksaan lanjutan dibutuhkan apabila nilai APGAR dibawah normal.

Test Darah

Pemeriksaan darah biasanya ditujukan untuk bayi berbobot lebih dari 4 Kg untuk mengetahui kadar gula darah karena bayi besar beresiko hipoglikemia (kadar gula darah rendah) beberapa jam setelah bayi lahir. Kondisi ini bisa terjadi bila asupan makanan untuk "si bongsor" langsung anjlok.

Vitamin K

Bayi akan mendapatkan vitamin K untuk mencegah terjadinya perdarahan berlebihan. Karena organ hati bayi sebagai penghasil vitamin K untuk membekukan darah masih belum matang.

Statistik Vital

Setelah melalui serangkaian test, bayi masih perlu melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala. Kemudian bayi dimandikan dengan air hangat dan ditempatkan di ruang bayi

Pemeriksaan Fisik

Dalam 24 jam, dokter akan memantau kondisi bayi secara teratur. Kesesuaian usia bayi dengan hari pertama haid ibu perlu diperiksa untuk menentukan apakah bayi lahir prematur. Dokter akan melakukan pemeriksaan Ballard untuk menguji karakteristik fisik dan otot bayi untuk mengetahui usia kandungan.