Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Zona Berbakteri Anak Anda

Category: Perawatan Bayi

MELIHAT anak kita aktif bermain dan beraktifitas tentu menyenangkan, namun tahukah Anda bahwa zona-zona bermain mereka bisa jadi penuh dengan bakteri dan kuman-kuman penyakit yang bisa membahayakan kesehatannya. Untuk itu sebagai orang tua kita harus selalu waspada dan tetap melakukan tindakan pencegahan. Di artikel kali ini kami akan berbagi informasi zona apa saja yang mungkin banyak terdapat bakteri dan upaya pencegahan yang bisa kita lakukan.

Kolam Bola

Area bermain tertutup dan dipenuhi dengan bola-bola plastik di dalamnya ini sangat populer dan banyak kita temui di area playground yang ada di mall-mall maupun restoran cepat saji. Selain kolam bola ini jarang dibersihkan kadang anak-anak yang bermain di dalamnya memakai popok bocor atau kencing di celana. Kotoran anak tersebut  dapat mengandung  E.coli, Rotavirus dan Salmonella. Semua virus ini dapat menyebabkan muntah dan diare. Anak kecil bisa juga menyebarkan kuman itu ke bola dengan tangan dan kaki mereka. Untuk mencegah anak Anda terserang penyakit beritahu si kecil untuk selalu mencuci tangannya sebelum dan sesudah bermain.

Ruang Tunggu Dokter Anak

Zona ini memang merupakan tempat berkumpulnya pasien-pasien kecil yang sedang sakit apalagi ketika musim batuk dan pilek. Di tambah dokter yang super sibuk memeriksa pasiennya, jika dia sampai lupa mencuci tangan  setelah memeriksa pasien, bisa jadi akan menularkan virus kepada anak Anda. Untuk mencegah penularan penyakit mintalah anak Anda untuk mencuci tangan sebelum pergi ke dokter. Jika si kecil hanya perlu checkup atau imunisasi, tanyakan apakah ada ruang tunggu bagi anak yang sehat. Bawalah buku atau mainan sendiri agar si kecil tidak tergoda untuk bermain dengan anak lain yang sedang sakit. Menanyakan apakah dokter dan perawat sudah mencuci tangannya menjadi hal yang sangat dianjurkan agar anak Anda tidak tertular virus.