Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Pentingkah Ukuran Lingkar Kepala?

Category: Perawatan Bayi

TAHUKAH anda bahwa pengukuran lingkar kepala adalah salah satu cara untuk mengetahui volume otak bayi anda? Dalam beberapa penelitian membuktikan ada korelasi antara ukuran kepala dan besar otak yang tersimpan di dalamnya, maksudnya dengan mengukur lingkar kepala, dokter dapat mengetahui seberapa besar kira-kira otak si kecil. Sayangnya sampai sekarang belum ada ukuran baku mengenai lingkar kepala yang dapat dijadikan acuan. Namun di beberapa kartu menuju sehat dapat kita ketahui beberapa kurva yang menunjukkan perkembangan lingkar kepala. Untuk bayi baru lahir berjenis kelamin perempuan mempunyai kisaran 31-36 cm, sementara untuk bayi laki-laki berkisar antara 32-28 cm.

Pertambahan ukuran lingkar kepala bayi dalam setiap bulan mempunyai rata-rata 2 cm di 3 bulan pertama, kemudian bertambah 1 cmuntuk bulan berikutnya hingga berusia 6 bulan. Untuk 6 bulan berikutnya perkembangan lingkar kepala hanya akan bertambah sekitar 0,5 cm setiap bulan. Pertambahan ukuran lingkar kepala ini akan melambat seiring dengan pertumbuhan bayi anda hingga ia menginjak remaja. Untuk bayi prematur maka lingkar kepalanya akan lebih kecil. Untuk itu ada metode tersendiri, misalnya jika si kecil lahir lebih awal satu bulan maka hasil pengukurannya dikurangi satu bulan. Jika si kecil sudah berumur dua bulan maka dokter akan mencatatnya sesuai dengan bayi berusia satu bulan.

Seperti halnya dengan pengukuran berat dan tinggi badan bayi, ukuran lingkar kepala juga ada rentang normalnya. Meski penting diukur berkala namun jangan terlalu khawatir dengan ukuran lingkar kepala si kecil, apalagi apabila dia selalu aktif, bahagia dan ciri-ciri tumbuh kembangnya normal. Bila anda masih meragukan status gizi anak anda segera kunjungi dokter anak anda agar dokter bisa memeriksa dan melakukan tindakan jika diperlukan.