Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Pentingnya Bermain Untuk Si Kecil

Category: Permainan Bayi

BERMAIN merupakan aktivitas yang menyenangkan. Tetapi tidak hanya itu, bermain juga memiliki peranan penting dalam perkembangan kecerdasan/kognitif dan fisik anak. Saat bermain, anak belajar untuk memahami hal-hal baru di lingkungannya seperti warna, bentuk dan berat. Secara fisik, bermain juga membangtu perkembangan motorik anak dalam melakukan koordinasi otak dan otot untuk melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya.

Ibu dapat membantu merangsang perkembangan anak melalui berbagai permainan seperti:

  1. Finger Puppets. Gambar beberapa smiley faces, gunting dan rekatkan pada jari-jari ibu. Gerak-gerakkan finger puppets di depan bayi disertai dengan cerita-cerita lucu. Ini akan membantu kemampuan bayi untuk melihat dengan fokus mengikuti gerakan jari ibu.

  2. Finger Paint (untuk usia 2 tahun). Gunakan cat yang khusus dan aman bagi anak. Letakkan banyak kertas kosong di lantai dan biarkan si kecil bereksperimen dengan tangannya, seperti menggambar cap tangan, cap ibu jari. Finger paint melatih perkembangan otot tangan dan jari serta melatih daya imajinasi anak.

  3. Kereta Api dalam Terowongan (untuk bayi merangkak/berjalan). Tumpuk beberapa bantal sehingga menyerupai terowongan. Ajak si kecil untuk melalui terowongan lucu dengan mendemonstrasikannya. Ajak ayah untuk berpartisipasi. Ini akan menjadi aktivitas keluarga yang lucu, sekaligus melatih perkembangan fisik si kecil.