Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Sulit BAB, apakah ini normal?

Category: Tanya Jawab

Sulit BAB sejak lahir tidaklah normal apalagi bila ia juga terlambat mengeluarkan feses pertamanya yang bewarna kehitaman (mekonium). Ini merupakan gejala penyakit Hirschsprung. Penyakit ini terjadi lebih sering pada bayi laki-laki dan harus dicurigai bila bayi tidak juga mengeluarkan mekonium dalam 1-2 hari setelah lahir, umumnya disertai muntah dan perutnya kembung. Bila dimasukkan jari ke anus, feses akan menyemprot.

Read more: Sulit BAB, apakah ini normal?

Bayi Sering Pilek

Category: Tanya Jawab

BAYI saya, 6 bulan, sering pilek. Ingusnya putih atau kuning dan nafasnya berbunyi (wheezing). Tak jarang ia harus bernafas melalui mulut. Namun anehnya, ketika tidur, dia akan bernafas melalui hidung kembali dan tidak bersuara. Selama ini oleh dokter hanya diberi obat pilek dan antibiotik. Dari pemeriksaan paru-paru, dokter menyatakan bahwa paru-parunya bagus. Apa yang menyebabkan bayi saya sering pilek seperti itu? (Ny. Putri Windartini, Bandung)

Read more: Bayi Sering Pilek

Kuning Karena Makan Wortel

Category: Tanya Jawab

DI usianya 8 bulan sekarang, bayi saya sudah makan makanan padat dan hampir selalu saya beri campuran wortel. Saya perhatikan, ternyata telapak tangan serta kakinya berwarna kekuning-kuningan. Oleh dokter, anak saya tidak boleh makan wortel untuk sementara waktu. Mengapa dan sampai kapan anak saya tidak boleh makan wortel? (Ny. Kitri Suminta, Purwokerto)

Read more: Kuning Karena Makan Wortel

Menyusui dan Tidak Haid

Category: Tanya Jawab

SETELAH melahirkan melalui operasi caesar saya langsung mengalami siklus haid seperti sebelum hamil. Namun hanya berlangsung dua bulan, karena setelah itu haid tidak kunjung datang lagi. Saya khawatir, karena saya belum memakai alat kontrasepsi apapun. Beberapa kali saya mencoba test urine dan memeriksakan diri ke dokter kandungan dan hasilnya selalu negatif. Oleh dokter saya diberi obat pengatur hormon, tapi belum juga haid. Setelah melahirkan, saya memang mencoba diet agar berat badan kembali normal. Apa yang terjadi pada diri saya? Apakah keterlambatan haid itu akibat diet? Atau, adakah kemungkinan lain? (Ny. Yayuk, Surabaya)

Read more: Menyusui dan Tidak Haid