Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Apa itu Kejang Demam?

Category: Tanya Jawab

Rs. Dhiah, Surabaya - Gadis kecil saya (3,5 tahun, 16 kg) pernah kejang 2 kali pada saat tubuhnya demam, lalu diperiksa EEG (electro encephalograf)). Menurut dokter, anak saya menderita generalized epilepsy, lalu diberi obat Dilantin 3x30 mg yang akan berjalan selama 2 tahun. sekarang pengobatannya baru berjalan 5 bulan. Apakah anak saya bisa bebas dari epilepsinya jika minum obat secara teratur? Apakah dia boleh diimunisasi meningitis?

Jika kejang hanya pada saat panas, diagnosisnya adalah kejang demam, bukan epilepsi. Karen, definisi epilepsi adalah unprovoked seizure (kejang yang tidak dapat diprovokasi, termasuk oleh demam), yang berlangsung 2 kali atau lebih. Diagnosis epilepsi adalah diagnosis klinik, jadi bukan berdasarkan pemeriksaan EEG.

Pastikan dulu apakah anak Anda hanya kejang demam atau epilepsi, karena kedua hal ini sangat berbeda penanganannya. Kalau hanya kejang demam, tidak perlu minum obat terus-menerus, kecuali pada tipe kejang demam tertentu. Anak epilepsi bisa sembuh jika minum obat teratur sampai bebas kejang selama 2 tahun. Mengenasi imunisasi, tetap boleh dilakukan, sama seperti anak yang lain.

Ayah Bunda - dr. Setyo Handryastuti, Sp. A (Divisi Neurologi Anak FKUI - RSCM)