Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Bayi Sering Pilek

Category: Tanya Jawab

BAYI saya, 6 bulan, sering pilek. Ingusnya putih atau kuning dan nafasnya berbunyi (wheezing). Tak jarang ia harus bernafas melalui mulut. Namun anehnya, ketika tidur, dia akan bernafas melalui hidung kembali dan tidak bersuara. Selama ini oleh dokter hanya diberi obat pilek dan antibiotik. Dari pemeriksaan paru-paru, dokter menyatakan bahwa paru-parunya bagus. Apa yang menyebabkan bayi saya sering pilek seperti itu? (Ny. Putri Windartini, Bandung)

Ada dua kemungkinan penyebab, yaitu karena alergi atau karena virus. Keduanya memang dapat menyebabkan si kecil menderita sesak nafas, sehingga mendorongnya untuk bernafas melalui mulut, karena hidungnya tersumbat. Jika karena virus, biasanya dokter akan langsung memberikan obatnya. Ada baiknya Anda bertanya kepada dokter anak Anda perihal pemberian antibiotik, karena batuk pilek yang disebabkan oleh virus tidak perlu diberikan antibiotik.

Jika alergi, maka penyebab alergi itu harus dicari satu per satu dengan test alergi. Tes ini bisa berlangsung lama, tetapi bisa juga cepat selesai jika memang segera ditemukan penyebabnya.

Jika penyebab alergi sudah ditemukan, maka akan lebih mudah mengatasi pileknya, yaitu dengan menghindari penyebab alerginya tersebut. Untuk pemeriksaan alergi, Anda dapat membawanya ke dokter spesialis anak ahli alergi.

Dr. Syawitri P Siregar, Sp. A(K) - IDAI JAYA