Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Kuning Karena Makan Wortel

Category: Tanya Jawab

DI usianya 8 bulan sekarang, bayi saya sudah makan makanan padat dan hampir selalu saya beri campuran wortel. Saya perhatikan, ternyata telapak tangan serta kakinya berwarna kekuning-kuningan. Oleh dokter, anak saya tidak boleh makan wortel untuk sementara waktu. Mengapa dan sampai kapan anak saya tidak boleh makan wortel? (Ny. Kitri Suminta, Purwokerto)

Wortel mengandung beta karoten, yaitu zat cikal bakal vitamin A. Kelebihan beta karoten dalam darah disebut dengan karotenemia. Kulit jadi kuning, dimulai dari telapak tangan, telapak kaki dan bagian tubuh lainnya. Bedanya dengan penyakit kuning akibat penyakit hati adalah pada bagian putih mata (sklera) bayi tidak menjadi kuning. Sementara pada anak yang menderita penyakit hati, bagian putih matanya akan tampak kuning.

Vitamin memang akan disimpan dalam hati (tidak larut dalam air), sehingga bayi atau anak yang mengonsumsi vitamin A berlebihan akan membebani kerja hati. Sekalipun begitu, kemampuan hati untuk menyimpan vitamin A sangat besar. Jadi pada umumnya karotenemia tidak menimbulkan efek yang merugikan. Kelebihan vitamin A yang menyebabkan keracunan baru akan terjadi jika seseorang mengonsumsi wortel sampai 2 kg per hari atau 1200 buah jeruk dalam waktu 6 minggu.

Gejala kuning pada kulit bayi Anda biasanya akan menghilang sekitar 2-6 minggu setelah stop mengonsumsi wortel. Setelah itu Anda boleh memberikan wortel lagi asal tidak setiap hari karena mungkin ia sudah mendapatkan vitamin A dari sumber lain, seperti telur, susu, mentega, sayuran berwarna hijau (misalnya bayam dan brokoli) serta buah-buahan lainnya.

Dr. Aryono Hendarto, Sp. A(K) (IDAI JAYA)