Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Guratan Pasca Melahirkan

Category: Tanya Jawab

LIMA bulan lalu saya (27 tahun) melahirkan anak pertama. Selama hamil perut saya sangat besar, sementara bagian tubuh lainnya tidak mengalami perubahan. Selain itu, terlihat juga guratan-guratan yang hampir merata di seluruh permukaan perut saya. Yang meresahkan saya adalah sampai sekarang perut saya masih tampak sangat besar seperti hamil 3 bulan dan guratan-guratan itu masih jelas membekas. Padahal saya tidak gemuk (berat 4 kg dan tinggi 156 cm). Bagaimana cara mengurangi guratan-guratan yang ada di perut saya? (Nelly - Palembang)

Guratan-guratan pada perut wanita hamil disebut Striae Gravidarum. Gari-garis itu biasanya berwarna ungu kecoklatan atau hitam. Oleh karena itu sering disebut juga sebagai Striae Livide. Guratan tersebut terjadi pada kulit yang meregang karena pembesaran perut dan peningkatan hormon progesteron selama kehamilan. Setelah melahirkan, perlahan-lahan warna guratan itu akan berubah menjadi putih sehingga biasa disebut Striae Albicans.

Guratan-guratan itu sulit untuk dihilangkan namun kadang-kadang masih dapat dikurangi  dengan memakai krim tertentu atau baby oil. Mengenai perut yang masih besar, mungkin disebabkan adanya penimbunan lemak. Kalau itu yang terjadi, dapat dikurangi dengan diet dan olahraga khusus untuk para ibu pasca melahirkan. Silahkan untuk menghubungi dokter ahli gizi dan pelatih senam di kota Anda.

Dr. Lastiko Bramantyo, Sp. OG (POGI JAYA)