Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Suka Ulang Kata

Category: Tanya Jawab

MEMASUKI usia 2,4 tahun, anak saya sudah menguasai banyak kosa kata. Namun akhir-akhir ini dia sering mengulang-ulang kata dan kesulitan mengungkapkan sesuatu. Kadang-kadang saya mengagetkannya supaya bicaranya jelas. Apakah ini tanda dia gagap?

Gagap pada usia 2 tahun umumnya karena mereka masih sulit mengatur apa yang ia pikirkan dan bagaimana harus menyampaikannya pada orang lain. Hal ini membuat anak cenderung mengulang-ulang perkataannya atau terbata-bata bicara.

Saya kurang jelas dengan maksud Anda mengagetkan anak supaya bicaranya jelas. Tapi perlu diingat kondisi terbaik untuk melatih anak bicara adalah dalam suasana yang nyaman, tanpa tekanan atau paksaan orang tua.

Ketika anak tergagap, usahakan Anda tidak panik dalam membantunya mengungkapkan sesuatu. Selain itu, jangan lupa memberikan pujian jika anak berhasil berbicara dengan jelas dan tidak mengulang-ulang kata.

Anak perlu merasakan pengalaman berhasil untuk mengetahui hal yang diharapkan orang dewasa pada dirinya. Namun jika keadaan berlanjut, sebaiknya segera Anda periksakan anak ke dokter anak atau psikolog untuk mengetahui penyebab dan upaya mengatasi hal tersebut.

Tirza T. Laluyan, M.Si - Psikolog