Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Tips Disiplin Saat Makan

Category: Tips Bayi

WALAUPUN kesannya sepele, membiasakan diri untuk disiplin dalam hal makan kepada balita kita sangatlah penting. Hal ini sebagai upaya untuk membentuk pola kebiasaan makan sehat dalam diri anak yang akan terus dibawanya ketika dewasa nanti.

  • Belanjalah untuk menu sehari, seminggu atau sebulan. Sediakan cukup pilihan bahan dalam kulkas Anda.
  • Jadwal teratur. Untuk anak umur 6 bulan-1 tahun, sesuaikan jadwal makan dengan usianya. Sedang untuk anak di atas 1 tahun membutuhkan 3x menu utama dan 2x camilan. Jadwal ini tidak harus berupa jam yang pasti karena anak belum bisa membaca jam. Namun bisa digunakan metoda urutan aktivitas. Misalnya: bangun pagi, main sebentar kemudian sarapan, lalu mandi pagi dst. Tentukan tenggang waktu untuk setiap aktivitas.
  • Batasi waktu makan hanya 30 menit. Jika anak belum juga mau makan, maka hentikan acara makan untuk menghindari trauma.
  • Tanamkan kebiasaan makan yang baik secara bertahap. Misalnya: makan dengan tangan atau makan sambil duduk. Anda perlu mengingatkannya terus-menerus dengan nada lembut dan riang.
  • Hanya ASI dan air putih sesudah makan malam. Jangan berikan camilan, susu atau minuman lain sampai bangun pagi.
  • Tetap menyediakan makanan bernutrisi lengkap. Walau anak menolak sebagian atau semua bahan makanan yang disediakan, tetap sajikan menu lengkap. Demikian juga camilannya tetap dipilihkan yang bergizi. Ini untuk membentuk pola kebiasaan makan sehat dalam diri anak. Anak jadi paham makanan seperti apa yang layak dikonsumsi.
  • Jangan gantikan dengan makanan cair. Tak perlu kawatir anak kekurangan gizi. Percayalah pada kekuatan anak. Jika dia masih malas makan namun tetap aktif dan ceria, berarti memang masih ada cadangan makanan dalam tubuhnya. Apalagi jika anak masih minum ASI. Hingga umur 2 tahun, ASI masih memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, disamping 45% kebutuhan vitamin A dan 90% kebutuhan vitamin C. Makanan cair hanya akan membuatnya makin malas mengunyah dan akibatnya enzim pencernaannya tidak aktif diproduksi. Sehingga justru anak makin mengalami kesulitan makan dan gangguan pencernaan.
  • Beri susu sesuai porsinya. Untuk anak usia 1 tahun ke atas, kebutuhannya akan kalsium cukup dipenuhi dengan susu 2 gelas sehari. Termasuk susu yang ada dalam puding, keju, es krim dll
  • Tidak perlu memberikan suplemen. Multivitamin yang berlebihan memperberat kerja ginjalnya. Ini membuat anak mudah lelah. Penambah nafsu makan? Cara paling jitu membangkitkan nafsu makan adalah rasa lapar dan makanan bergizi yang dihidangkan dengan menarik.