Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Tularkan Hobi Membaca Pada Anak

Category: Tumbuh Kembang

gemar membacaAPAPUN yang dimiliki orang tua seperti sifat mau pun hobi ternyata bisa diturunkan kepada anak. Hobi tersebut bisa diturunkan melalui keikutsertaan secara langsung anak terhadap hobi orang tuanya. Misalnya hobi berkebun, orang tua yang senang berkebun pasti akan sering mengajak sang anak untuk berkebun walau pun anak hanya melihat, namun sesuatu yang sering dilakukan akan bisa menjadi sebuah kebiasaan. Anak yang sering terlibat dalam suatu kegiatan maka lama-kelamaan anak akan menyukai kegiatan tersebut, termasuk kegiatan membaca.

Orang tua tentu memahami bakat anak, apa yang anak senangi atau dilakukan. Mengembangkan bakat anak adalah salah satu tugas orang tua. Jika anak sudah terlihat betah saat Anda membacakan cerita untuknya atau selalu membaca buku yang sama berulangkali, maka bisa jadi anak Anda memang senang membaca.

Saat terbaik untuk membiasakan anak gemar membaca adalah sedini mungkin sebelum anak memasuki usia sekolah. Karena di usia ini anak akan lebih terlihat kegemarannya, ia akan cenderung menyukai buku dengan tema yang sejenis.

Menjadi Teladan

Anak merekam dan mencontoh apa yang dilihatnya, jika Anda ingin anak Anda gemar membaca maka jadilah contoh yang baik baginya. Membaca koran sebelum berangkat kerja atau sambil minum teh sore hari bisa jadi contoh kecil baginya. Sesekali ajaklah ia saat Anda membaca koran, walaupun ia belum bisa membaca tapi pasti perlahan ia akan meniru Anda.

Dongeng sebelum tidur

Bacakanlah dongeng sebelum tidur saat anak belum bisa membaca. Buku-buku bergambar yang lucu itu akan memberikan stimulasi bagi anak untuk bisa memahami apa yang disampaikan buku melalui Anda. Sediakan beberapa buku bacaan dengan tema cerita yang berbeda agar anak tidak bosan. Bahkan saat ini sudah tersedia buku bantal anti robek sangat cocok untuk bayi dan balita.

Melatih Emosi

Anak yang gemar membaca cenderung memiliki emosi yang lebih terkontrol. Karena saat membaca ia akan bersikap tenang dan mampu mengendalikan emosinya karena fokus membaca, sisi intelektual anak juga akan jauh berkembang.

Meningkatkan Konsentrasi

Fokus dengan apa yang ia baca atau ia lihat akan membuat kemampuan berkonsentrasinya terlatih, sehingga tidak akan mudah terganggu oleh orang lain. Anak akan tumbuh menjadi sosok yang lebih kritis dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.