Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Permainan Kreatif untuk Anak

Category: Tumbuh Kembang

mainan bayiDi USIA 6-12 bulan, tahap perkembangan motorik kasar pada anak yang ditandai dengan kemampuan untuk duduk, merangkak, berdiri dan mulai untuk berjalan. Sedangkan untuk motorik halusnya ditandai dengan kemampuan anak untuk meraih, memegang dan menggenggam. Disamping itu kemampuan kognitifnya pun semakin berkembang dengan ia mulai tertarik untuk mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya.Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan tersebut maka kita dapat menstimulasi nya dengan permainan-permainan yang disesuaikan dengan usianya.

Adapun permainan yang dapat anda coba di usia ini adalah :

1. Raih Genggam

Anak sangat senang dengan mainan yang berwarna-warna cerah, untuk melatih otot-otot nya dan kemampuannya untuk meraih dan menggenggam, dekatkan mainan tersebut ke anak sehingga ia tertarik untuk meraih dan mengambilnya. Permainan ini juga dapat diberikan pada saat anak belajar merangkak.

2. Pesawat Terbang

Pada usia ini, bayi dapat anda telungkupkan dia tangan anda dan ayun dia perlahan seolah-olah dia sedang naik kapal terbang. Gerakan ini tentu akan membuatnya senang dan tertawa riang. Permainan ini untuk menguatkan otot punggung dan leher.

3. Cilukba

Permainan Ci Luk Ba ini sangat sederhana namun sangat disukai anak-anak. Dia akan mencari wajah anda pada saat anda tutup muka anda dengan tangan dan akan tertawa pada saat anda membuka tangan untuk membuka wajah anda.

4. Berenang

Di usia 6 bulan anak-anak sudah bisa diajak berenang, untuk itu persiapkan ban renang (yang dilingkarkan di leher anak), bola renang. Ajak anak untuk menggerak-gerakkan kaki dan tangannya dia air.

5. Susun Balok

Menginjak 6 bulan, anak-anak sudah mulai bisa memegang benda-benda yang ada di sekitarnya. Walaupun masih belum sempurna, Anda bisa mulai memperkenalkan merekan mainan berupa balok-balok. Pilihlah bahan yang aman bagi mereka.

6. Bermain dengan Mainan

Untuk permainan yang menggunakan mainan seperti bola ataupun boneka sebaiknya perhatikan beberapa hal :

  • Pilihlah dengan warna terang sehingga dia tertarik untuk memainkannya.
  • Ukurannya jangan terlalu kecil karena dapat tertelan oleh si anak karena diusia ini dia belum dapat membedakan mana mainan dan mana makanan
  • Pilih mainan yang dapat digigit tanpa membahayakannya.

Masih banyak permainan lain yang dapat dilakukan agar si kecil senang dan melatih motoriknya.