Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Mendongeng Untuk Si Kecil

Category: Tumbuh Kembang

Manfaat MendongengMENDONGENG bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar orang tua, apalagi untuk si kecil. Dibutuhkan kreativitas dan improvisasi agar sebuah dongeng menjadi lebih hidup dan tidak membosankan. Dengan begitu, si kecil akan tertarik dan antusias untuk mendengarkan. Banyak manfaat mendongeng bagi si kecil karena mendongeng merupakan salah satu media komunikasi yang bisa digunakan orang tua untuk mengajarkan tentang perilaku baik dan nilai-nilai kehidupan baginya. Oleh karena itu ayo mendongeng dan berikut tips yang mungkin bisa membantu Anda mendongeng dengan baik.

Pilih waktu yang tepat. Artinya kita sedang dalam keadaan santai dan tidak terburu-buru. Misalnya sebelum tidur atau setelah mandi sore. Cari perhatian anak agar fokus. Anda tidak bisa memaksa menarik perhatian anak saat ia sibuk dengan mainannya atau televisi. Tawarkan cemilan atau melakukan kegiatan bersama, seperti "yuk bantuin ibu cari buku cerita kamu". Tunjukkan antusiasme Anda, sehingga anak juga ikut semangat.

Pilih dongeng yang mudah dipahami oleh si kecil.

Pilih cerita dengan objek yang dekat dengan kehidupan si kecil. Misalnya, tentang hewan peliharaan, tentang keluarga, tentang mainannnya.

Variasikan nada dan suara dengan karakter yang ada dalam buku dongeng. Ingat, jangan berlebihan! yang penting bisa menghidupakan karakter yang ada bisa menghibur si kecil.

Jika mendongeng menggunakan buku, perlihatkan barisan kalimat dalam cerita yang sedang kita baca, lalu perlihatkanlah gambar ilustrasinya.

Jika Anda selesai mendongeng satu halaman, tunjuk gambar ilustrasinya, lalu tanyakan uang pada si kecil apa yang tampak dalam gambar tadi. Biarkan si kecil "bercerita" sesuai versinya.

Beri tanggapan jika ada komentar dari si kecil tentang dongeng yang baru saja didengarnya.

Jika mendongeng tanpa menggunakan buku alangkah baiknya jika menggunakan alat bantu. Misalnya, boneka tangan atau justru boneka kesayangan si kecil.

Lakukan semenarik mungkin, jangan bercerita terlalu cepat. Anda bisa menceritakan bagaimana daur hidup pohon dari benih hingga mati dengan rangkaian kata dan efek suara yang Anda ciptakan sendiri.

Jika buku yang digunakan mendongeng menggunakan kalimat panjang yang tidak menarik, kita bisa menggantinya dengan kalimat yang lebih sederhana yang mudah dipahami si kecil.

Libatkan si kecil memilih buku yang disukainya. Ini melatih anak Anda untuk dapat menyimak setiap informasi yang Anda sampaikan dalam cerita, dan menciptakan keterlibatan anak sehingga anak tidak hanya menjadi objek pasif saja.

Lakukan kontak mata. Ini agar anak merasa kalau fokus utama Anda adalah mereka. Kontak mata juga meningkatkan intensitas kedekatan mental anak dan Ibu. Anda juga bisa memangku si kecil agar ia merasa lebih nyaman dan dekat.