Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Pentingnya 3 Tahun Pertama

Category: Tumbuh Kembang

perkembangan otak anakTAHUKAH Anda bahwa masa yang paling menentukan bagi anak Anda untuk mengembangkan kecerdasannya secara maksimal adalah pada 3 tahun pertama dalam hidupnya? Berbagai penelitian mendalam yang telah dilakukan bertahun-tahun oleh para ahli telah sampai pada kesimpulan ini. Lantas, apa artinya bagi Anda dan bayi Anda?

 Artinya, jika Anda memanfaatkan 3 tahun pertama kehidupan anak Anda dengan berusaha mengembangkan kecerdasannya dengan cara yang benar, maka anak Anda akan memiliki kecerdasan yang luar biasa ketika ia masuk sekolah nanti.

Kecerdasan ini pun akan terus meningkat dan berkembang seiring dengan pertumbuhannya hingga ia berusia dewasa. Sebaliknya, jika Anda menyia-nyiakan 3 tahun pertama kehidupan anak Anda dan tidak memaksimalkan usaha untuk mengembangkan kecerdasannya, maka ia akan mengalami kesulitan di sekolahnya kelak dan kekurangan ini akan terus menempel pada dirinya seumur hidupnya.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa kesuksesan seorang anak sangat bergantung pada keterlibatan orang tua ketika membesarkannya. Sebagai contoh, seseorang anak yang diajarkan membaca sejak dini (dengan cara yang benar) biasanya memiliki prestasi yang sangat baik di sekolah.

Anak seperti ini terbukti sangat baik dalam menyerap dan memahami berbagai pengetahuan baru dan pada akhirnya akan menjadikannya seseorang yang cerdas pada usia dewasa. Membaca adalah gerbangnya ilmu. Seorang anak yang gemar membaca sejak dini akan memiliki kecerdasan yang berkembang sangat pesat. Sebaliknya, anak-anak yang tidak terbiasa membaca sejak dini rata-rata memiliki kecerdasan yang jauh lebih rendah.

Fakta lain yang tidak kalah penting adalah potensi imajinasi dan rasa ingin tahu yang dimiliki anak usia ini sangatlah besar dan hal ini perlu Anda arahkan untuk mengembangkan kecerdasannya. Kedua potensi ini perlu diarahkan untuk hal-hal yang positif dan memiliki manfaat untuk kehidupannya kelak.

Fakta berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah bayi terlahir dengan milyaran sel otak. Semakin aktif sel-sel otak ini digunakan maka semakin cerdaslah anak Anda. Sel-sel otak yang tidak dirangsang dengan baik akan kehilangan potensinya.

Ingat pertumbuhan otak akan mencapai 80% pada usia 3 tahun, jadi jangan tunda untuk mulai merangsangnya dengan cara yang benar agar kelak tumbuh menjadi anak yang cerdas.