Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Mempersiapkan Bayi Untuk Berjalan

Category: Tumbuh Kembang

KEBANYAKAN bayi mulai berdiri untuk pertama kalinya pada usia 6-10 bulan. Mereka berpegangan pada perabot, boks bayi, teralis, boks bermain atau mungkin akan berpegangan kepada anda jika anda duduk di lantai. Selanjutnya adalah tahap menjelajah. Bayi perpegangan pada perabot dan kemudian menggeser kakinya. Ketika sudah agak lancar, dia akan berdiri agak jauh dari perabot danĀ  menggunakannya hanya untuk menjaga keseimbangan.

Setelah dia percaya diri untuk melangkah sambil berpegangan pada perabot, dia akan siap untuk melangkah sembari memegangi tangan anda. Hal ini dapat menakutkannya, jadi pegang tangannya dan melangkahlah sedikit, kecuali bila dia ingin mencoba lebih jauh lagi.

Langkah pertama bayi anda boleh saja dirayakan akan tetapi proses berjalan akan membutuhkan waktu berbulan-bulan sampai dia dapat mengontrol kaki dan tangannya. Beberapa persen bayi (kurang lebih 25%) melakukan langkah pertama mereka pada usia 11 bulan sedang yang lainnya pada bulan ke 15 atau 16. Berikan dia banyak latihan, tapi jangan menyuruhnya agar cepat berjalan. Belajar berjalan membutuhkan banyak keberanian, anda dapat meningkatkan kesenangannya berjalan dengan menderetkan kursi supaya dia dapat berjalan lebih jauh. Ingat untuk memastikan rumah anda aman untuk dijelajahi oleh bayi anda.

Perhatikan untuk mengamankan benda-benda yang berbahaya seperti taplak meja, kabel yang menjuntai atau sudut perabot yang tajam. Biarkan dia bertelanjang kaki atau menggunakan sepatu sandal dan sediakan permukaan yang lembut untuk mengurangi rasa sakit ketika jatuh. Di samping itu semua, jangan lupa untuk memberikan pujian dan ciuman cinta ketika dia berhasil walau hanya selangkah dan berikanlah semangat pada saat dia ketakutan atau kehilangan keberanian.

Bayi anda akan belajar berjalan bahkan tanpa bantuan anda. Tetapi anda boleh menikmati waktu ketika menolong dia belajar dan berlatih. Dan diapun akan menikmati perhatian anda.