Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Nilai Sinyal Dari Tangisan Bayi

Category: Tumbuh Kembang

TANGISAN bayi merupakan bahasa pertamanya, ketrampilan komunikasi pertamanya. Ketika pengasuh mengenali tangisan bayi sebagai suatu komunikasi,bayi tersebut belajar bahwa isyarat-isyarat nya berguna. Dia belajar pola  komunikasi dasar: saya memberi sinyal, seseorang akan menanggapi. Karena mendapatkan tanggapan itulah memotivasinya untuk komunikasi kembali.

Apakah ini berarti bahwa bayi yang orang tuanya merespon terhadap tangisannya mereka menangis lebih banyak? Tidak. Sebenarnya, mereka belajar menangis lebih baik. Respons yang segera dari orang tua mengajarkan kepada bayi bahwa tangisan mereka didengarkan dengan baik, sebelum tangisan tersebut menjadi tidak tertahankan dan mengganggu telinga orang dewasa. Bayi kemudian mulai bereksperimen dengan sinyal yang lebih halus, bunyi-bunyi lain, gerakan tubuh, kontak mata untuk mengatakan kepada ibu  dan ayahnya apa yang mereka perlukan, karena ibu dan ayah memberi perhatian, sinyal yang lebih halus ini juga direspon. Gaya berkomunikasi bayi tumbuh lebih bervariasi, dan begitu juga respon orang tua.

Kadang-kadang, orang tua mempunyai anggapan bahwa menanggapi tangisan bayi hanya akan membuatnya menangis leebih banyak. Orang tua yang ini sebenarnya tidak cukup percaya bahwa bayi dapat berkomunikasi. Bayi yang tangisannya sering diabaikan mungkin pada akhirnya belajar menangis lebih sedikit dan menjadi bayi yang baik. Tetapi mereka kehilangan peluang untuk mengembangkan ketrampilan komunikasi mereka. Karena mereka belajar isyarat-isyarat mereka mempunyai nilai komunikasi yang kecil mereka tidak mau lagi berkomunikasi.

Jika dikaruniai dengan kepribadian yang gigih, mereka mungkin tetap mencoba dan belajar berteriak lebih keras tetapi kemudian pengasuhnya menjadi jengkel dan mungkin menghentikan tangis bayi sama sekali. Bayi ini tidak belajar bahwa komunikasi adalah suatu hal yang bersifat dua arah. Jangankan berbagi perasaan, pada akhirnyamereka belajar untuk menekan perasaan itu kedalam dirinya sendiri.

Berikut ini contoh-contoh respon yang anda bisa lakukan :

  • Dia menangis, anda mengemongnya.
  • Dia resah, anda menghiburnya.
  • Dia mengoceh, anda tersenyum.
  • Dia berkeluh kesah, anda harus memegangnya sampai dia tidur pulas dan bermimpi.
  • Dan lain-lain.
Adalah penting untuk mendengarkan bayi disamping berbicara dengan mereka. Mendengarkan bayi melibatkan baik pengamatan isyarat wajah dan bahasa tubh maupun memperhatikan suara yang dikeluarkan oleh bayi. Bahkan, bayi yang berumur dua hari dapat memberikan isyarat-isyarat kepada anda yang mengatakan mereka dapat mendengarkan. Bayi melindungi diri mereka terhadap pendengaran yang berlebihan dengan menutup mata mereka atau memutuskan kontak mata. Ketika ekspresi bayi mulai kosong atau dia melengos, itulah waktu untuk mengubah strategi komunikasi. Mungkin itu waktunya untuk berhenti untuk membuat bayi bersemangat dan melakukan.