Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Main Tanpa Mainan Yuk

Category: Tumbuh Kembang

BERMAIN tanpa mainan bagi sebagian anak kecil bisa jadi sesuatu hal yang mengasyikkan lho, bahkan tidak sedikit pula anak-anak yang cuek-cuek saja diberikan mainan. Untuk itu cobalah beberapa alternatif berikut agar anak anda bisa fun juga bermain tanpa mainan.

 

Hide and Seek

Atau bermain sembuyi mencari, jadi alternatif mainan yang mengasyikkan bagi si kecil. Bagi bayi yang usianya 5-6 bulan bersembunyi saja andad ari pandangannya, sebab ini adalah awal di mana dia mulai mengerti bahwa ada yang hilang dari pandangannya, selanjutnya usia 8 bulan diaa kan mulai mencari anda dan menyadari konsep keberadaan suatu objek secara permanen  yaitu bahwa benda itu ada terus, meski dalam waktu tertentu dia tidak dapat melihatnya. Anda bisa juga menggantinya dengan boneka atau mainan lainnya sebagai variasi jika dia merasa bosan.

Bernyanyi

Sadarkah anda bahwa bayi dalam gendongan anda sering mengeluarkan suara oh...oh..hi..hi..da..da..ma..ma..saat anda bernyanyi atau memperdengarkan lagu atau irama, inilah adalah bentuk respon dia terhadap apa yang anda sampaikan atau utarakan kepada dia. Biasanya kemampuan ini akan terlihat saat dia berumur 9 bulan. Ia akan mendengarkan dengan berhati-hati dan mencoba mencocokkan dua suara semirip mungkin yang dapat dia lakukan.

Berdansa

Menggendongnya dalam pelukan anda, bisa jadi pilihan dalam mengajak anak anda berdansa, sejak si kecil baru lahir anda menggendongnya dan menggoyangnya dengan lembut. Seiring bertambahnya usia anak, anda bisa menggoyangkannya sesuai lagu yang anda dendangkan. Sekitar usia 8 bulan ia akan ikut tertawa terbahak-bahak jika anda dendangkan lagu gembira sambil bergerak sesuai irama. Selain menyenangkan berdansa dengan cara seperti ini dapat membantu menenangkan dan memberi rasa aman bagi si kecil.