Mobile Joomla Templates by Best Web Host

Menjadi Anak Fit

Category: Tumbuh Kembang

MENJADI anak yang fit banyak diartikan sebagai anak yang makan cukup, banyak beraktivitas fisik, dan mempunyai tubuh yang sehat. Jika anak Anda fit, maka tubuhnya bekerja dengan baik, merasa sehat, dan dapat melakukan segala sesuatu yang dia inginkan seperti lari bersama teman. Beberapa tahap hanya dapat dilakukan oleh orangtua, seperti memberi makanan yang sehat atau berwisata ke alam. Tetapi anak juga berperan untuk bisa menjadi sehat.

Terdapat lima aturan jika anak Anda ingin menjadi sehat dan fit. Aturan-aturan ini harus ditaati dengan pengecualian pada hari-hari khusus seperti ulang tahun.

1. Makanlah berbagai jenis makanan, terutama buah dan sayuran

Anak Anda pasti mempunyai makanan favorit tetapi yang terbaik adalah makan berbagai variasi makanan. Jika anak Anda makan makanan yang berbeda-beda, dia akan mendapat cukup nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya. Coba makanan baru dan makan makanan yang sudah lama anak Anda tidak makan. Siapkan paling tidak lima jenis buah-buahan dan sayuran tiap hari – dua buah-buahan dan tiga sayuran. Berikut ini contoh kombinasi makanan:

  • Sarapan: ½ cangkir (sekitar 4 buah besar) straberi untuk tambahan sereal anak.
  • Bersama makan siang: 6 buah wortel yang kecil.
  • Untuk kudapan: 1 buah apel.
  • Bersama makan malam: ½ cangkir brokoli dan 1 cangkir salad.
2. Banyak minum air dan susu

Jika anak Anda sangat haus, air dingin adalah pelega kehausan nomor satu. Di samping itu anak membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang yang kuat, dan susu merupakan sumber utama dari kalsium. Berapa banyak yang dibutuhkan anak? 3 gelas susu per hari, atau yang setara. Anda dapat mengkombinasikan antara susu dan makanan lain yang kaya kalsium. Berikut ini contoh kombinasinya:

  • cangkir (sekitar ½ liter) susu rendah lemak atau susu tanpa lemak.
  • 1 lembar keju.
  • ½ cangkir (kotak kecil) yogurt.
Apabila anak Anda menginginkan minuman selain susu atau air, berikan dia jus buah. Tetapi batasi minuman yang banyak mengandung gula, seperti soda, koktail, dan buah awetan. Gula hanya memberikan kalori, bukan nutrisi yang penting bagi anak.

3. Belajar mendengarkan tubuh

Apa yang membuat orang merasa cukup? Ajar anak untuk mendengarkan tubuhnya. Ketika anak Anda makan, minta dia memperhatikan apa yang tubuhnya rasakan dan kapan perutnya merasa cukup kenyang dan terasa nyaman. Seringkali orang makan banyak karena dia tidak mengetahui kapan harus berhenti makan. Makan terlalu banyak dapat membuat anak Anda merasa tidak nyaman, dan untuk jangka panjang dapat membuat obesitas yang tidak sehat.

4. Batasi waktu layar (screen time)

Apa itu waktu layar? Ini merupakan jumlah jam yang dihabiskan anak Anda untuk menonton TV atau DVD, bermain video game, dan menggunakan komputer. Semakin banyak waktu yang anak Anda habiskan untuk aktivitas dengan duduk, semakin sedikit waktu untuk aktivitas secara aktif, seperti bermain basket, bersepeda, dan berenang. Coba untuk membatasi waktu tidak lebih dari 2 jam per hari untuk waktu layar, tanpa menghitung kegiatan sekolah yang menggunakan komputer.

5. Aktif

Hanya sekali saja dalam hidup, orang menjadi anak-anak dan mengalami masa-masa yang menyenangkan. Oleh karena dorong anak Anda untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang dia sukai. Tidak semua orang menyukai basket atau sepakbola. Mungkin anak Anda menyukai karate, atau menari. Bantu anak Anda untuk menemukan dan melakukan aktivitas favoritnya secara rutin. Cari cara untuk aktif setiap hari. Bantu anak Anda menyusun daftar hal-hal yang dia sukai untuk dikerjakan, yang dapat dia lakukan sebagai kegiatan pengganti menonton televisi atau bermain video game.

(Sumber: kidshealth.org)